Cooking with Mind, Body, and Soul

Tulisan2 ku disini ngak cuma sekedar nemenin foto2 yang dipamerin...tapi juga curhatan gimana mood aku sewaktu masakan dan cake ini dalam proses pembuatan. Dan perasaan tentang hasil akhirnya, sampai komentar yang icip icipnya...

Jadi mahap kalo isinya kayak cerpen, bahkan cerbung.... atau novel yaaa.... ha haa haaa....

Tuesday, April 14, 2009

IFW-NCC : Nasi Ulam Betawi



Hmmm... akhirnya ikutan tantangannya NCC juga nih....
Sebenarnya sih `yang 3 terdahulu itu aku bisa ikutan dengan pake foto yang udah ada... secara ketiganya pernah aku buat dan dokumentasikan... tapiii.... ya itulah sifat perfectionist aku yang selalu ingin menampilkan yang okeh punya... ternyata... ngak sempet tuh bikinnya, apalagi motretnya. Walaupun bahan bakunya udah aku persiapkan....

Manggo Week, aku udah bikin jus Morning Glory yang terdiri dari berbagai macam buah2an yang kebetulan berwarna kuning dan orange, dengan dominan mangga yang lagi musim waktu itu, dan udah aku posting.

Donat Week, aku juga pernah posting donat gendut kayak Pak Sahak... he he heee...

Puding Week, juga pernah aku posting tentang Puding Black Forest untuk ultah aku sendiri....



Nah... kali ini aku bener2 sisihkan waktu deh bikin masakan tradisional... Yaitu Nasi Ulam Betawi...
Nasi ulam ini sering aku beli untuk sarapan sewaktu aku kecil, dari penjaja kue pikul. Bungkusannya sangat unik, yaitu contong ( horn ) seperti contong kacang, tetapi menggunakan daun pisang. Bagian atasnya dilipat mendatar dan disemat lidi.... Nah kalo kita beli, penjualnya akan membuka sematnya, lalu menaburkan lalapan berupa daun kemangi, ketimun yang dicacah persegi seperti dadu, dan toge pendek....
Nasi Ulam paling enak disantap dengan sambal kacang yang agak encer seperti yang untuk nasi uduk, dan pepes teri basah...



Yang ini adalah jenis Nasi Ulam kering, khas daerah Betawi Tengah atau Betawi Perkotaan. Kalau di daerah Betawi Pinggiran, Nasi Ulamnya berbumbu basah, karena parutan kelapanya hanya ditumis, bukannya disangrai kering. Nasi Ulam kering gini udah langka di Jakarta, bahkan didaerah Tanah Abang ( tempat aku dibesarkan ), yang dulunya banyak sekali penjualnya...

Nasi Ulam kering ini terkenal dengan aromanya yang harum, karena menggunakan banyak sereh, jintan dan terasi... hmmmm....
Tapi bikinnya musti sabar dan rajin yaaa..... seperti yang aku lakukan tadi malam di rumah Pulo Gebang...
Setelah menyangrai kelapa dalam 3 babak ( disini ngak ada oven ), yang aku lakukan dari siang, sore, dan malam.... tapi bukan berjam jam gitu... cuma ngerjainnya 10 menit tiap babaknya karena ngak tahan udara kemarin kok puanas banget....
Setelah anggota keluarga lengkap berdatangan, baru deh acara menghaluskannya dengan uleh mengulek... hiks hiks hiks.... yang biasanya pake grinder cuma beberapa detik aja... ini nguleknya sampe hampir sejam kalee... Grinder dirumah ini udah lama ngak dipake, jadi harus dicuci dulu... kalo dicuci dulu malam2 gitu kan ngak bisa langsung dipake... karena harus udah kering betul baru siap pakai....

Bikinnya emang niat banget, dilanjutkan dengan bungkus-membungkus dan mengukus pepes terinya... selesai sekitar jam 1 dinihari... untung suami asyik nonton Motor JP ( apa sih judulnya... ngak nyimak ), jadi ada yang nemenin... ngak seperti siang sampe sore tadi yang sepi sunyi sendiri... bikin males masuk dapur... jadi cuma nongkrongin kompi dan inet aja dikamar si sulung....

Pagi2 aku kepasar beli lalapannya.. karena kemangi yang aku beli kemarin dikulkas udah kering kerontang...
Asyiiikkk... sarapan dengan Nasi Ulam yang aku bungkus ala jaman dulu....



Udah deh... daripada ngences, mendingan kita bikin sendiri aja dari resep warisan Tante Asiama ( Almarhumah ), kakak tertua Ayahku yang fasih sekali dengan masakan Betawi, walaupun beliau lahir di Surabaya. Mungkin karena beliau dibesarkan di Betawi dan bisa mengadaptasi budaya Betawi....
Sssttt... tiap kali aku menjenguk Tante, selalu aku korak korek resep lisan dari beliau.... aku juga naksir berat dengan koleksi piranti makan yang besar2 dan unik, buatan Negeri Belanda yang tersimpan rapi dilemari jatinya yang segede gaban itu....tapi sedih.... sewaktu beliau meninggal, aku ngak dapet warisan sebuah piringpun... hiks hiks hiks....


NASI ULAM BETAWI
By : Lisa Basuki



Bahan :

2 btr kelapa, sangrai kering
50 gr udang kering, tumbuk halus, sangrai kering
150 gr sereh, ambil putihnya, iris halus, sangrai kering
4 sdm jintan, sangrai
5 sdm lada halus
5 sdm terasi
garam secukupnya

Cara Membuatnya :
  • Tumbuk halus semua bahan, campur rata, dan simpan dalam wadah kedap udara.
Pelengkap :
  • Daun kemangi, ketimun, dan tauge pendek
  • Sambal kacang
  • Emping goreng
  • Pepes teri basah
Menghidangkannya :
  • Taburkan 3 sdm bumbu nasi ulam yang sudah halus untuk setiap satu porsi nasi.
  • Aduk rata, sambil ditambahkan 1/2 sdt kecap manis.
  • Hidangkan bersama pelengkapnya....
  • Selamat menikmati....



No comments:

Post a Comment