Cooking with Mind, Body, and Soul

Tulisan2 ku disini ngak cuma sekedar nemenin foto2 yang dipamerin...tapi juga curhatan gimana mood aku sewaktu masakan dan cake ini dalam proses pembuatan. Dan perasaan tentang hasil akhirnya, sampai komentar yang icip icipnya...

Jadi mahap kalo isinya kayak cerpen, bahkan cerbung.... atau novel yaaa.... ha haa haaa....

Sunday, March 30, 2014

African Meat Pie - Pastel Africa

Pesanan dari tetangga yang warga negara Africa Selatan, seorang mahasiswa S-2 di UI Depok, yang dihari ulang tahunnya hari ini, rindu dengan makanan kampungnya...



Tadi malam gadis kecil tetangga sebelah mengetuk pintuku untuk beritahu kalau ada yang mau pesan kue...
Yang datang seorang lelaki berkulit hitam yang mau pesan kue, dia lalu menunjukkan alamat dan nama yang dia dapat sewaktu menghubungi telpon yang ada di selebaran. Aku bilang kalau aku ngak pernah promosi, apalagi menyebar brosur di Rusun... Ternyata itu alamat tetangga depan rumah yang katanya rumahnya kosong.

Karena anak2 memberitahu kalau aku sering terima pesanan kue dan masakan, maka dia mau pesan ke aku aja. Duh ngomongnya ngak jelas dia mau kue apa...kedengarannya hanya "mi pai" gitu aja... Lalu aku perlihatkan alumunium cup kecil untuk pie, dia bilang bukan. Tunjukkan cetakan pie diameter 15 cm , bukan juga, malah bilang :itu kan pizza, saya mau mi pai"... Isinya ada meat/daging, wortel, kentang, dan sayuran2...

Pusing gue.....Ya udah deh... coba lu brosing dan kasih gue liat kayak apa bentuknya...
Alamaaakkk... ternyata pastel...
Dia minta harganya 2ribu perak.... ha haa haaaa... di kaki-5 aja tanpa daging udah 2ribu perak, lha ini minta dagingnya banyak, udah gitu aku males banget giling2 adonan, nyetak dan pilin2 pinggirnya...
Trus dia bilang, kalo dagingnya dia bawa sendiri gimana... ya teteup ngak bisa lebih murah... trus daging apa yang kamu mau bawakan? Kalo beli di pasar bawah ngak ada daging bagus... Akhirnya dia nyerah juga, dan setuju dengan harga aku..

Langsung aku browsing link yang tadi dia buka melalui laptop ku... jiaa... ternyata ya 11-12 dengan pastel kita, cuma aja versi Africa nya dipanggang dan pake kulit cookies... Seeep deh...

Pagi2 aku bikin isinya dengan sedikit sekali garam dan tanpa gula.... Enak juga, manisnya udah dapet dari wortelnya, dan asinnya dari maggie blok.
Kulitnya tanpa garam sama sekali, tetapi udah cukup asin dan gurihnya dengan penggunaan margarine yang begitu banyaknya sesuai resep mereka...

Hampir tengah hari aku masih gilas2 kulitnya... eh dianya nongol dan bantu gilas cara dia... Emang sih tadi malam waktu aku bilang males gilasmya , dia udah bilang kalo dia mau bantu... ternyata beneran... Kalo enggak sih udah aku tinggalin aja walau belum cukup jumlahnya.... Secukup jadinya 1 resep aja deh...

Begitu datang dia bilang tidak puas dengan ukuran yang aku buat... kurang besaaarrr... weh rugi bandar nih, secara dagingnya banyak banget... ngak sesuai dengan harga segitu... Akhirnya dibuat juga yang besarnya hampir 2x yang aku buat sebelumnya, dengan tambahan adonan kulitnya 1/3 resep lagi yang terigunya dia beli ke warung bawah...
Haa haa haaaa.... dia datang bawa terigunya sambil tertawa dan mencak2.... katanya semua orang liatin dia dan ketawa.... Ternyata.. dia kewarung dengan kepala masih tertutup shower cap....

Ngak semua orang Afrika itu goreng patut alias nakal... yang datang ke aku untuk kursus dan pesan makanan semuanya sopan, baik, dan ngak bau prengus lho... Dan mereka selalu dengan senang hati mau membantu pekerjaan aku tanpa diminta... Ya ialah... masa pelanggan diminta untuk kerja...
Yang tadi sukarela menggilas adonan. Yang wanita dari Kedutaan Nigeria kursus kue, sukarela mencuci semua perabot yang digunakan, sampai nyapu dan bersihkan meja dapur. Lelaki Muslim Afrika yang pesan masakan Lebaran, bantu siapkan piring2 makannya dan kembalikan lagi setelah dia cuci bersih...

Mereka semua punya professi halal dan merasa kecil hati dideskreditkan sebagai pelaku kriminal dan diperlakukan rasialis.. Sooo.. dia sangat suka waktu aku dan suami memberitahukan arti Bhineka Tunggal Ika, yang mempunyai arti mirip dengan slogan negara dia yaitu " Unity in One ".

Menurut dia penampakan pie buatan aku ini cantik, dan rasanya pas banget dengan selera dia... ( dia udah caplok 2 biji sebelum pulang tadi...( rugi lagi nih bandarnya... :v ).  Alhamdulillah... padahal aku belum pernah tau rasanya gimana, wong liat aja belum... Aku cuma pake insting aja...
Sore ini baru mau dia mabil jam 6 setelah dipanaskan ulang, supaya makannya lebih mantap katanya....
Selamat Ulang Tahun ya sahabat...

Friday, January 24, 2014

Cigarette Birthday Cake





Ini pesanan Fitra, mantan teman kantornya Teta anak sulungku...
Dipesan hari Selasa untuk diambil hari pagi ini, Jumat, 24 Januari 2014.

Mintanya dengan tema rokok seperti yang pernah aku buatkan untuk Teta beberapa tahun lalu. Karena sekarang lagi musim banjir, yang menyebabkan aku ngak berani pergi jauh karena khawatir ngak bisa pulang, maka aku gunakan saja bahan2 yang tersedia didapur dan toko sekitar sini aja...

Cakenya adalah Gateau African dangan base cake Sponge Coklat. Fillingnya Vla beraoma Coffee Tofee yang baru kali ini aku gunakan ( rupanya = aroma tiramisu ), dengan taburan 2 kaleng Jeruk Mandarin.
Topping dengan Butter Cream Special, yang aku ngak punya ide mau diwarnai apa atau ditabur apa... Jadinya ya teteup warna dasar putih aja... udahannya baru keinget kalo Gateau itu biasanya kan ditabur ayakan cocoa powder. Tapi memang aku mau menonjolkan abu dari puntung2 rokok itu kok...  :)

Nantinya, kalau ada yang pesan tema rokok lagi, aku mau buatkan asbaknya... kemarin ngak aku buatkan karena dicuaca yang dingin dengan hujan yang terus menerus gini, rasanya kurang memungkinkan berkreasi dengan fondant... Kecuali cuma puntung2 rokok seperti itu aja..

Sepertinya rasanya enak banget... sayang ngak ada adonan base cake yang lebih, untuk bisa aku icip2... Cuma vla nya yang mantap itu aja yang berlebih...

Semoga sang kekasih nya suka ya Mbak Fitra...

Tuesday, August 27, 2013

( T-10P ) Tumpeng Ceremonial 10 pax Menu Prima

Ini Tumpeng pesanan hari ini yang dikirimkan sebagai hadiah kejutan...

Banyaknya 10pax atau 10 porsi. Bisa dimakan oleh 10 orang dengan porsi besar.

Untuk pesanan dibawah 20pax, hanya ada Menu Prima

Tuesday, March 12, 2013

Coffee Break Service - Piranti Saji


Paket Aneka Bubur + Wedang Bajigur
( Milad PKS 2011 )


 Sudut Kopi dan Snack
( Milad PKS 2011 )


 Juice & Puding
( Irma - Natal 2012 )


 Snack & Dakon
( Farewell Coffee Break - ADS 2009 )


Sudut Wedang Jahe & Bajigur
( Farewell Coffee Break - ADS 2009 )























Wednesday, October 24, 2012

Tumpeng from Melbourne for Welcoming Baby Jason


 Tumpeng ini dikirim untuk ucapan selamat atas kelahiran Baby Jason di Jakarta dari 
Mbak Nathalia di Melbourne
Menu Prima ini ada Mie Hongkongnya sebagai perlambang panjang umur...


 Ini penampakan depan dan dalam Kartu Ucapan yang aku buat


Masih belum puas dengan kamera baru yang ngak menampilkan keindahan warna aslinya...



Sunday, October 7, 2012

Ayam Cabut Tulang - Hadiah dari Mbak Sari untuk Ayahnya


Hari ini aku usahakan untuk  segera memposting hasil kerjaku pagi tadi....
Lamaaaaaa  banget ngak bisa sisihkan waktu untuk update blog ini, karna aku hanya kerja ber-2 asisten atau bahkan sendirian... Tapi Alhamdulillah posting-posting lamaku masih menarik minat yang mampir untuk pesan masakanku...

Pagi ini adalah pesanan Mbak Sari jilid pertama ( layak kasus Cicak Buaya aja pake jilid jilidan :)) .
Pesanannya dikirim untuk Ayahnya tercinta


Karna Eyang suka Golf, maka aku buatkan kartu bertema Golf.



 Ini hasil foto dari kamera Nikon yang baru aku beli sebagai pengganti Canon yang raib digondol maling....
Bagus mana yaa... kayaknya yang ini warnanya kurang keluar deh yaa...