Cooking with Mind, Body, and Soul

Tulisan2 ku disini ngak cuma sekedar nemenin foto2 yang dipamerin...tapi juga curhatan gimana mood aku sewaktu masakan dan cake ini dalam proses pembuatan. Dan perasaan tentang hasil akhirnya, sampai komentar yang icip icipnya...

Jadi mahap kalo isinya kayak cerpen, bahkan cerbung.... atau novel yaaa.... ha haa haaa....

Saturday, November 29, 2008

Tumpeng Ria - CARDIC AIR


Ini Tumpeng Instant yang dipesan Ria Kamis Pagi jam 9 untuk sorenya jam 17:00,
jadi digarnis seadanya aja...yang penting jenis masakannya lengkap...

Menunya :
Nasi Kuning, Ayam bakar Bumbu Rujak + sebagian Ayam Bakar Kecap yang ngak kepotret,
Bandeng Presto ( 6 ekor lhoo...), Balado Udang Kentang Pete ( udangnya banyak bener ),
Telur Dadar Rawis, Kering Kentang Ebi, Urap Sayuran, Sambal Bajag Special Alley Kitchen ( kurang pedes???),
dan lalapan yang dibuat garnis, termasuk rebusan Brokoli
, dan pager pete china muda...


Yach gimana ngak seadanya... wong ini tumpeng super kilat....
Coba aja bayangin... Ria telepon sekitar jam 9 pagi ( mungkin juga lebih ) sewaktu aku sedang menghias tampah untuk tumpeng pesanan Fida yang akan diambil jam 11:00.
Ria minta untuk diambil jam 5 sore ini juga untuk dibawa ke Cengkareng........ haaahhhh.....
Sebentar..... aku mikir dulu....

Hmmmmm...... oke.... aku punya stock masakan untuk persiapan Tumpeng Juleha besok pagi...
dan kebetulan tadi aku beli ayam lebih dari yang aku perlukan besok, begitu juga udangnya...
masakan lain memang banyak stocknya... hanya urap yang mesti ngejar lagi kepasar....
Ria minta masakannya jangan pedas, karena Bossnya gak suka...

Yesss... aku sanggup....dengan Tumpeng Prima, porsi 30 pax.... siapa takuuuuttt......

Lari sebentar kepasar yang untung aja letaknya cuma di depan pintu gerbang Rusun, jadi jaraknya cuma sekitar 30 meter lah dari tempat aku.... beli bumbu2 untuk mengganti stock masakan Juleha yang aku pake dulu...
Ayam.. aku cuma punya 20 potong yang Bakar Bumbu Rujak, tapi Ria oke2 aja...
Bu Nining lanjut dengan babak keduanya.... Pak Kuyut yang udah dirumah, dipanggil lagi untuk bakar ayam ronde kedua...

Menjelang sore Ria telpon untuk ngambil tumpengnya jam 4, karena kebetulan saat ini dia ada di Mal Ambasador.... Waaaahhh... untuk selesai jam 5 aja itu udah suatu record untuk pesanan yang diterima jam 9 pagi.... Jadi jemputnya ya nanti aja ya Ria... jam 5 gitu lhooo... sekarang baru nata dedaunan di tampah....

Pipih tetangga dari lantai 5 yang kebetulan makan di warung sebelah mendekati aku dan perhatikan apa yang lagi aku kerjakan....lalu dia pegang2 potongan daunnya dan ngasih ide untuk lipatan daunnya yang lebih praktis dan cepat... dan ngak cuma ngomong... dia lalu ngerjain lipatan dan menjalinnya sekalian.... tapi dia tidak bisa menyelesaikan lipatan keliling yang tinggal sejengkal lagi, karena sopir kantornya sudah menjemput untuk mengantarnya survey ke Taman Sari Royal Heritage Spa untuk kunjungan Bossnya besok...

Hanya sebentar saja perginya, jam 4 sore Pipih yang memang sedang cuti sakit itu udah kembali lagi ke Rusun..... dia mampir lagi dan liat kalo aku sedang menata masakannya di tampah....
Hmmmm karena bahan untuk garnis yang udah habis di pasar, jadi aku cuma pake sisa garnisnya Fida tadi pagi.... jadi yaa dekor seadanya aja....

Pagernya.... perhatikan deh....
Karena hari2 itu kacang panjang lagi langka, sebab harganya jadi 3 kali lipat bisanya...jadi pedagang ngak mau bawa karena ngak tau mau jual dengan harga berapa... jadi ngak dapet tuh kacang panjangnya... udah siang pula... kan biasanya aku belanja untuk garnisnya pagi sekali selepas subuh... siang dikit pasti udah ludes...
Maka.... aku dapet ide untuk pake Pete Cina muda aja yang kebetulan ada di salah satu tukang sayur langganan....
Susah sih natanya... karena panjang petenya cuma 1/4 dari kacang panjang yang biasa aku pake.... tapi... lumayanlah.. daripada ngak pake pager... ntar lauk pauknya melorot dan dimakan kucing ha haa haa haaaa....

Setelah bantu aku nata pager, Kembali Pipih beri masukan.... tentang susunan dan tata letak masakan dan garnis yang bagus....
Makasih Pih... besok aku aplikasikan deh....

Jam 5 tepat tumpeng selesai....setelah dipotret ayamnya aku lengkapi jumlahnya dengan yang Bakar Kecap yang stocknya masih ada di freezer , untuk sang Boss yang kemungkinan ngak bisa makan Ayam Bakar Bumbu Rujak meski tidak terlalu pedas...

Tadi Ria udah tanya ancer2 letak Rusunku... kok belum dateng..... Wah ternyata sang Sopir nyasar dan udah kembali lagi ke kantornya di Kebon Sirih...
Sampe Magrib... ternyata belum dijemput juga....padahal aku masih harus ke pasar lagi untuk mengganti kekurangan persiapan tumpeng Juleha yang harus disiapkan malam ini... ( buat besok jam 9 pagi mboookkk.... )

Akhirnya hampir jam 7 malam Ria sendiri beserta Suami datang bersama teman kantornya untuk jemput sang Tumpeng....
Saat itu aku baru tau kalau Ria itu kerja di CARDIG AIR ( seperti yang aku baca di badge yang tertempel di seragamnya dan juga temannya ).

Ria menemukan blog aku setelah muter2 kebeberapa catering tuk pesan tumpeng yang baru diminta pagi itu oleh bossnya... duh Boss...untung aku punya ajian yang jitu... " abrakadabra...." selesai deh sorenya....

Tumpeng untuk acara selametan penerbangan CARDIG AIR yang kesekian kalinya itu, ternyata kurang memuaskan teman2nya di Cengkareng sana..... teman yang ditanya Ria ( Ria ngak ikut ke Cengkareng karena harus lembur dikantor yang di Allia Building, Kebon Sirih sampe jam 9 malam itu ), bilang tumpengnya rasa tomat .....

Lho... kok rasa tomat??? Iyalaaah... karena temannya itu cuma kebagian tomatnya aja... karena udah licin tandas diserbu teman2 lainnya yang udah kelaparan karena tumpengnya kemaleman sampe sana.... dan .... sambelnya katanya... manthap.... he hee heee.....

Alhamdulillah..... dan Ria akan promosikan ke teman2nya....
Aku tunggu order lanjutannya ya Ria....

Dalam beberapa kali telponan sesudahnya... Ria bilang kalo porsi tumpengnya kurang.....
Haaah... padahal untuk 30 pax aku masaknya 4.5 liter beras lho...
Yaaa..... ternyata yang makan cowok semua, pekerja di hanggar pula.. ( kalo ngak salah ), dan ada yang belum makan sejak subuh... ( he he hee )... udah gitu seperti yang aku tulis diatas.. tumpengnya sampe sana udah kemaleman.... jaaadi mereka udah laper berat.... walau teman2nya cuma sekitar 20an, ditambah rasa tumpeng yang oke punya ( narsis.com ) ya iyalaah... sebentar aja ludes n licin tandas.... ha..haaa..haaaaaa.....

No comments:

Post a Comment