Cooking with Mind, Body, and Soul

Tulisan2 ku disini ngak cuma sekedar nemenin foto2 yang dipamerin...tapi juga curhatan gimana mood aku sewaktu masakan dan cake ini dalam proses pembuatan. Dan perasaan tentang hasil akhirnya, sampai komentar yang icip icipnya...

Jadi mahap kalo isinya kayak cerpen, bahkan cerbung.... atau novel yaaa.... ha haa haaa....

Saturday, October 11, 2008

Lapis Legit Almond


Ini Lapis Legit repeat orderannya si Abang tetanggaku... kali ini dia minta yang ukuran standard dan tanpa Prunes... jadi aku tawarkan yang tabur Almond aja...

Lho ukuran yang standard berapa sih... kok ini kecil panjang yaa....


Lagian... kenapa layernya seperti Apple Pie yaaa.....


He hee heeee...... itu LapLeg yang gagal... terlalu lembek dan cairan minyaknya jadi banyak sekali....Ini aja setelah aku potong 3 trus aku panggang lagi untuk ketiga kalinya...makanya bagian atasnya geseng...

LapLeg gagal itu aku iris-iris yang 1/3 bagiannya itu, dan bagikan ketetangga yang lewat...
Eh potongan yang 1/3 bagian lainnya ternyata dibeli Dina tetanggaku setelah nyobain betapa maknyus rasanya...he he heee... lumayan buat gantiin telur yang segabruk itu...
Sebelumnya aku berikan dua iris untuk keponakan tetanggaku yang mo pergi kerja... karena terkesan dengan rasanya... langsung aja dia keluarin sebungkus Marning Jagung dari dalam tasnya sebagai barteran.... ha haa haaaa.....

Setelah browsing Tips keberhasilan LapLeg... ternyata proses pembuatan yang pertama itu yang ukurannya besar, malah yang benar... Waktu itu aku ngocok butternya ngasal pake stand mixer ecel2 ... Yang kedua aku kocok lama sampe bener2 ngembang pake hand mixer andalanku, Philips jadul... Karena permintaanya yang lebih berminyak daripada pesanan si Abang yang pertama itu... jadi aku ngak nyadar kalo itu terlalu berminyak dan gak normal... Walau aku bilang ke pemesannya, kalo buat aku sih berminyak gitu bikin enek... tapi mereka bilang itu enyak.... ya apa mo dikata....

Taaapi... yang ketiga ini... busyet... minyaknya sampe netes gitu... dan layernya waktu ditekan kok lapisan kulitnya bergerak2 dan bawahnya basah banget.. padahal manggangnya udah 8 menit lho...
Aku pikir ini karena loyang kecil yang aku jadikan penekan itu selalu aku oles butter setiap kali dipake... Ternyataaa... waktu udah dingin dan loyang dibalik... meleber aja tuh kue....
Nyoba tenang dengan masukan kembali ke loyang dan panggang api bawah lagi....
Teteup aja besok paginya waktu dibalik masih lembek....
Kuciwa dengan kejadian itu aku browsing aja nyari kesalahannya apa.... eh dapet tuh... dengan segubrak infonya dari blognya Sulis...Untuk Tips anti gagalnya liat disini

Sorenya Si Abang datang mo ambil kuenya... sengaja aku gak mau bikin ulang dulu... mo tanya keseriusan Abang.. juga apakah dia mau nunda sampe besok... ternyata dia mau.. katanya cuma buat dimakan sama teman2nya dirumah... bukan untuk hadiah keorang lain....
Alhamdulillah jadi semangat lagi....

Malam aku siapkan semua bahannya... besok paginya jam 6 mulai proses kocok mengocok dan lapis melapis... selesai jam 11:30... Karena mintaannya seperti yang pertama dulu yang gak terlalu berminyak, jadi aku kurangi butternya ( sebenarnya yang pertama itu salah liat resepnya lho... harusnya yang butternya sudah dikonversi untuk yang loyang besar.. eh nimbangnya yang resep asli... he hee heee... )

Alhamdulillah hasilnya suaaangat memuaskan... walau 3 lapis terakhir manggangnya cukup lama karena perlu berbagai siasat supaya lapisannya cukup mateng tapi kulit atasnya ngak gosong... Terutama lapis terakhir yang ditaburi almond... riskan sekali untuk almondnya jadi gosong duluan...

Layernya udah lebih cantik dan agak rata kan....?


Liat deh almondnya ngak gosong....


Dalam box juga terlihat cantik ( narsis deh.. ) walau papan alasnya bentuknya bundar dan berwarna silver ( ngak cucok deh dengan box yang gold gitu... yang punya toko keder anak buah belum masuk kerja setelah Lebaran.. jadi aja aku minta alas kotak, malah dimasukinnya yang bundar...)

Tapi secara keseluruhan udah okeh 'kan...?? Jadi pesen dong ke aku kalo mau Lapis Legit... ( promosi nih...)

No comments:

Post a Comment