Cooking with Mind, Body, and Soul

Tulisan2 ku disini ngak cuma sekedar nemenin foto2 yang dipamerin...tapi juga curhatan gimana mood aku sewaktu masakan dan cake ini dalam proses pembuatan. Dan perasaan tentang hasil akhirnya, sampai komentar yang icip icipnya...

Jadi mahap kalo isinya kayak cerpen, bahkan cerbung.... atau novel yaaa.... ha haa haaa....

Friday, September 12, 2008

Terong Telunjuk Tauco Cabe Ijo



Tetanggaku yang asal Medan sering masak Terong Telunjuk ini dengan tauco Medannya....
Kali ini aku mengolahnya teteup dengan tauco, hanya saja aku variasikan teman2nya dan gayanya....


TERONG TELUNJUK TAUCO CABE IJO
By : Lisa Basuki




Bahan :

250 gr terong telunjuk, belah 2 memanjang
100 gr udang kupas, tinggalkan ekornya
150 gr kentang, potong panjang, goreng sampai matang
1 pcs tahu cina, potong panjang, goreng 1/2 matang
6 bh cabe ijo besar, potong serong
2 bh cabe merah besar, potong serong
1 bh tomat, diiris tebal
6 bh bawang merah, iris tipis
4 siung bawang putih cincang
4 cm lengkuas, memarkan
4 br daun salam
3 sdm tauco manis Kokita
3 sdm tauco asin Kokita
2 sdm kecap manis
garam bila perlu



Cara Membuatnya :

Tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum, tambahkan daun salam dan lengkuas
Masukkan udang, aduk sampai berubah warna, masukkan kedua macam tauco, dan kecap
Tambahkan air, didihkan, masukkan tahu, kentang, dan terong
Aduk sesekali, biarkan sampai bumbu meresap dan air tinggal sedikit
Masukkan cabe merah, cabe ijo, dan tomat, aduk hingga layu
Angkat dan sajikan


5 comments:

  1. Cihuy.. terimakasih ya mbak lisaku yang cantiiik.. Secara daku penggemar terong, dan udah lama ngincer mau nyobain ngolah si telunjuk ini.
    Aku kayaknya gak seheboh mbak lisa nih bikinnya, soalnya pemalas, hiahaha.. Tapi pokoke tauco, cabe ijo, siplah..

    ReplyDelete
  2. Ayo Mbak Riana nyoba ngolah si telunjuk, biar jari2 mu tambah lentik... Ha haa haaa....

    ReplyDelete
  3. aku paling suka deh mbak ama masakan yg pake taoco. biasanya taoco ikan trus aku tambahin terong ini. cihuy deh makannya...

    ReplyDelete
  4. Iya Difa...
    kadang aku juga suka masak ikan bawal disiram bumbu tauco cabe ijo juga... hmmmm nyam nyam....
    eits...lagi puasa.....

    ReplyDelete
  5. salam dari malaysia......
    maaf kan saya, saya amat berminat dgn resipi2 dan juga tatahias makanan ini, bisa kah saya meyimpan resipi dan foto nya buat rujukan?

    ReplyDelete