Cooking with Mind, Body, and Soul

Tulisan2 ku disini ngak cuma sekedar nemenin foto2 yang dipamerin...tapi juga curhatan gimana mood aku sewaktu masakan dan cake ini dalam proses pembuatan. Dan perasaan tentang hasil akhirnya, sampai komentar yang icip icipnya...

Jadi mahap kalo isinya kayak cerpen, bahkan cerbung.... atau novel yaaa.... ha haa haaa....

Monday, March 31, 2008

My 3rd BDCK

Bona Gajah Kecil Berbelalai Panjang

S6302908.JPGS6302908.JPGS6302908.JPGS6302908.JPGS6302908.JPG



S6302908.JPG

Pesanan BDCK tuk keponakannya Mas Denny tetanggaku yang aku sanggupi walaupun aku belum pernah bikin BDCK yang benar2 serius. Yang ada juga bikin BDCK eksperimen seperti yang 2 pertama itu..

Yang ini pesannya Rabu tgl.19 Maret tuk diambil Minggu siang tgl.23, jadi masih punya 4 hari tuk planning & design. Nah sekarang baru nyaman deh… karna dia gak nanya macem2, cuma minta dibikinin BDCK seharga sekian… Kali ini aku pengen coba pake edible, jadi aku buka file2 edible gambar apa ya yg cocok tuk anak cewe 4th.. besoknya dipasar ada yg jual boneka Barbie yang cantik banget, aku beli aja… siapa tau keponakan Mas Denny ( Dea ) mau dibikinin Barbie Cake ( tuk eksperimen lagi kaaan… ). Tapi ternyata anaknya rada tomboy, gak suka boneka, sukanya binatang2. Sorenya dapat info klo Dea minta BDCK warna pink ( bahasa Indonesianya : merah muda, merah jambu ato rose… kok dah pada lupa bahasa yang baik dan benar yaaa… ) milihnya binatang Gajah aja tanpa teman2 binatang lain ( wah gak ada tuh GajahTunggalnya ). Terpaksa deh tanya2 tetangga kalo2 punya majalah Bobo yg ada Bonanya. Sambil nunggu dicariin majalahnya, aku browsing Bona Gajah yang memang berwarna merah jambu gitu…. Alhamdulillah akhirnya dapat juga tuh Bona n Rongrong hasil scan majalah Bobo Perdana th 1975.

Begitu buka blognya para tukang edible ( he he hee maaf ya..) ternyata mesennya harus 1 minggu, dah gitu kan hari ini masih long wiken…Jadi batal deh angan2 bikin BDCK pake edible…

Putar otak lagi….mo didekor pake apa yaaa…. Pake fondan aja kali yaaa… tapi belum pernah megang apalagi bikin pake tehnik puzzlenya (CMIIW). Kutak katik gambar si Bona Gajah Kecil Berbelalai Panjang itu sambil minta panduan Photoshop via telp dari bungsuku yg gak sabaran emaknya bolot gini… Akhirnya di print juga… bukan dari photoshop tapi dari Word aja yg aku dah biasa..sambil bawa loyang2 kemeja kompi supaya ukuran gambar sesuai lebarnya loyang.. biasalah… trial n error..

Jumat, 21 Maret, dadakan pagi2 kirim email ke Mbak Rita mo ikutan kursus bareng yang jam 10 bikin Cake International, tapi blm ada respon, jadi langsung telp aja deh kerumah Pak Guru dan confirm..Maksute disana nanti mo nanya2,sapa tau ada yg berbaik hati mo kasih bocoran gimana cara bikin BDCK yang baik dan benar, juga gampang, selain sesuai dengan harga jualnya… ( he he heee takut rugi lagiii… ).

Mang gak salah… teman2 banyak kasih masukan… Bubaran kursus, belanja2 keperluan BDCK Dea. Bolak balik di rak packaging, bingung milih papan alas dan box yang sesuai tuk BDCKnya… untung ada Mbak Widya Hidayat yang cantik..ngasih tau gimana milih yang bagus dan pas…. Makasih ya Mbak Wid…..

Sabtu sore setelah selesai bikin Risolles Ragout pesanan tetangga sebelah tuk syukuran dan tetangga yg di lantai-5 pojok sana tuk ngisi Mini Marketnya, mulailah persiapan perangnya.

Pertama bikin Brownies Kukusnya Koko Hidayat, trus reka2 gambar Bona… mo diapain yaa… edible gak mungkinlah… fondant… belum pernah, n klo baca dimilis sih kayaknya cukup beresiko…. Yaa… pake BC aja deh… tapi Bonanya diapain yaa…

Akhirnya gambarnya aku temple aja dicakenya dan tusuk2 pake piso… dah jadi bentuk siluetnya timbul ide tuk di carving aja… untung punya piso daging yang kecil n tajam, jadilah ukir mengukir bentuk sampe jadi Bona 3 dimensi yang detil banget… Tapi besoknya pas di dekor pake BC n spuit bintang jadi gak keliatan tuh detilnya.

Minggu jam 12:00 seperti janjinya, Mas Denny datang , tapi Cuma ngelongok aja, karena Dea masih dalam perjalanan, untung deh… sementara aku lagi berkutat buat tulisannya yang aku print dulu dari Publisher trus di tresing diatas mika dengan gaya mirror pake Pink Cooking Chocolate, simpan di freezer bentar, tempelkan… Walah…. Kok pating melorot??? Rupanya terlalu kering yaaa… dan penampakannya jelek… masih bagusan klo gak pake gaya mirror.. mo bikin lagi, tapi Mas Denny dah nunggu.. ya udah tempel aja pake coklat yg masih ½ cair. Selesai deh… Alhamdulillah hasilnya gak mengecewakan..

Tapi…. Tunggu dulu…. Karya master piece ini jangan dilewatkan gitu aja dong… perlu didokumentasikan… larilah aku ke lantai dasar tempat bakal cafenya Mas Denny..

Dea.. pinjem kuenya sebentar yaa.. sebenarnya berat juga dia ijinkan aku pinjam kue yang dia suka banget itu, takut diambil lagi… sementara Dea terus nyolekin kuenya ( liat deh bagian belalainya )..

Akhirnya jadi juga khan potonya… walau masih dalam boxnya…

S6302907.JPG








Dilihat dari bawah Huruf yang gak jelas n rada melorot

S6302910.JPGS6302909.JPG

Dari arah depan… belalainya dicolek Dea… Dari atas lagi dgn sudut berbeda

CARA CARVING BONA

Cakenya sebenarnya dibuat dalam 2 tingkat. Bona dibuat dari cake 2/3 adonan, karena 1/3 adonannya aku ambil tuk BDCK lainnya. Ukuran loyangnya lebih kecil sedikit dari dasarnya, juga tinggi cakenya lebih pendek.

Gambar bona aku gunting menurut siluetnya, tempel di cake, kencangkan pake jarum pentul besar dibeberapa tempat, terutama dibagian yang mengecil dan potong dgn pisau tajam. Dah gitu tusuk-tusuk iris dgn pisau semua garis didalam gambarnya ( kertasnya juga ikut kepotong yaa..), kedalaman irisannya menurut feeling aja dan kreasi kita mau gimana kira2 bentuk layernya dalam 3 dimensi. Bagian mana yang harus paling depan, dibelakangnya dstnya. Pokoknya hampir sama aja deh kayak kita bikin boneka utuh, Cuma bedanya ini dalam posisi terbaring dan Cuma ½ bagiannya aja. He hee heee padahal sebelumnya aku juga belum pernah ngukir kok… Cuma pernah liat temen aja yang memang pengukir patung kayu…

Aku juga gak punya skill tuk menggambar kayak Uni Dewi, jadi aja bentuk belalai,mata, sampe alis dan garis kupingnya aku pake sistim tukang sablon yang bolongin gambarnya dulu tuk dapat bentuk garisnya ha haa haaa… bisanya Cuma kreasi manipulasi aja yaa…

Selamat mencoba...

7 comments:

  1. assalamu'alaikum

    mampir mbak...

    bonanya cantik..kuenya jadi double dong ya..

    pasti yg ultah seneng banget...

    ReplyDelete
  2. Assalamu'alaikum Mba Lisa....ini mba Lisa yang dulu di WL/pfizer kan? yang dulu terkenal dengan kepintarannya dalam hal rias merias kalo kita ada acara...hehe...sekarang bertambah lagi nih kepandaiannya...jadi jago bikin kue....Selamat ya mba..hasil karya Bona-nya bagus banget lho...

    Indri

    ReplyDelete
  3. Makasih NicNic dah mapir n muji...he he hee

    Hi Indri,
    Iya nih dari tukang rias wajah, merangkap rias kue sekarang. Dari Aroma Spa merangkap juga Aroma Dapur deh...
    Tinggal Even Organizernya aja yg masih nyari celah..
    Kapan lagi Service Award Partynya??? Tunggu orderan Rias Wajah dan Rias Kue nih...

    ReplyDelete
  4. assalamu 'alaikum mba lisa..
    salam kenal, waduh itu bonannya cantik sekali, bener-bener tiga dimensi...

    ReplyDelete
  5. Lisa, aku suka banget deh sama Bona-nya, lucu dan miriiip banget.. kamu tekun banget ya pastinya :)

    ReplyDelete
  6. Salam kenal mbak Lisa , bonanya keren bangeeet. warna pinknya juga pas banget. selamet dech buat kuenya

    ReplyDelete
  7. bonanyah cuiamix dahh..hehee:p
    sayang gk ada s rong2 yahh
    btw bsa gk bikinin kue yg mirip
    ma kecap bango hahhaa:))

    jagan lupa istrijahat..ups istirahat dink eehhee..

    ditunggu loch hasil editan sotopopnyah hehe:p

    ReplyDelete