Cooking with Mind, Body, and Soul

Tulisan2 ku disini ngak cuma sekedar nemenin foto2 yang dipamerin...tapi juga curhatan gimana mood aku sewaktu masakan dan cake ini dalam proses pembuatan. Dan perasaan tentang hasil akhirnya, sampai komentar yang icip icipnya...

Jadi mahap kalo isinya kayak cerpen, bahkan cerbung.... atau novel yaaa.... ha haa haaa....

Monday, June 25, 2012

Cumi Jahe Kecap Pedas



Pulang dari acara Mighty Culinary di Basket Hall Senayan, langsung kedapur setelah beres2 berbagai macam goodie bag dan hadiah2 yang sejibun..
Mo masak cumi tumis hitam, ternyata cuminya udah bersih klimis, alias kantung hitamnya udah dibuang Mbak Mimin.... Sambil masukkan kepala2 cumi kedalam badan dan menyematnya dengan lidi, aku mikir mo dimasak apa yaa...

Untung teringat nasihat emak... eh emangnya pelajaran Bahasaku di SD dulu...
He hee hee... yang aku ingat adalah resep Ayam Kecap Manis yang tadi didemokan Chef Vindex pake produk Kecap Bango terbaru berupa Kecap Pedas ( aku belum nyoba tuh kecap jenis itu, secara si bungsu Mas Adam hanya suka Kecap Bango polos aja...). Tadi aku udah icip masakannya Chef, kayaknya kalo lebih pedas ayamnya tadi pasti lebih enak... Maka itu berkreasilah aku dengan adaptasi resep itu untuk cumi polosku ini.... Hasil jadinya.... wuah enyak bangeeett.... makan malam kami rasakan dengan nikmatnya, ditemani tumis tauge tahu kuning untuk menetralisir rasa pedasnya..
Coba deh resep ini... eh tapi potonya kebanyakan garnisnya, jadi cuminya kependam deh...

O yaa... potret ini juga mengadaptasi booth Photography di acara yang sama... Walaupun ngak ngikutin kelasnya, tapi sewaktu lewat sana tadi ngeliat Mas Abo pake kertas kue untuk melembutkan sinar lampu tambahan dibelakang objeknya..
Jadi teknik ini aku aplikasikan untuk motret di atas working table ku didapur yang lampu neon nya kuat banget sinarnya.. Jadi aku tutup deh lampu yang jaraknya cuma 70cm dari permukaan meja itu pake kertas kue.., sementara lampu lainnya adalah lampu dapur yang cuma 1 diatas belakang aku..
Hasilnya ngak kalah bagus dengan lokasi salon tempat aku biasa motret, dengan 2 lampu  TL putih dan lampu TL daylight yang powernya lebih kecil ditengah...
Jadi ada 2 ilmu yang aku terapkan malam ini.... masakan dan photography...


Cumi Jahe Kecap Pedas

adaptasi dari resep Chef Vindex

 


Bahan :

500    gr    cumi, buang tinta dan mulutnya
4    siung    bawang putih, cincang kasar
4    butir    bawang merah, iris halus
1    btr    bawang bombay, potong panjang
2    cm    jahe, potong korek api
1    bh    tomat potong panjang
10    bh    cabe rawit merah utuh
10    bh    cabe rawit hijau utuh
1    tangkai     daun bawang, potong serong
1    sdt    garam
½    sdt    lada halus
10    sdm    kecap manis
100    ml    air
        Minyak goreng untuk menumis secukupnya

Cara Memasak :
•    Panaskan wajan, tuangkan 4 sdm minyak goreng.
•    Tumis bawang putih dan bawang merah sampai kuning kecoklatan.
•    Masukkan sebagian kecap manis, aduk sampai berkaramel. Masukkan cumi, garam dan lada, aduk rata sampai cumi kaku.
•    Tambahkan air, masak sampai kuah sedikit mengental
•    Masukkan kedua macam cabai rawit. Aduk sampai kuah mengental.
•    Tambahkan potongan tomat dan  irisan daun bawang, aduk sebentar.
•    Angkat dan segera sajikan.

1 comment:

  1. salam sukses gan, bagi2 motivasi .,
    Pikiran yang positiv dan tindakan yang positiv akan membawamu pada hasil yang positiv.,.
    ditunggu kunjungan baliknya gan .,.

    ReplyDelete