Cooking with Mind, Body, and Soul

Tulisan2 ku disini ngak cuma sekedar nemenin foto2 yang dipamerin...tapi juga curhatan gimana mood aku sewaktu masakan dan cake ini dalam proses pembuatan. Dan perasaan tentang hasil akhirnya, sampai komentar yang icip icipnya...

Jadi mahap kalo isinya kayak cerpen, bahkan cerbung.... atau novel yaaa.... ha haa haaa....

Saturday, March 24, 2012

Jenang Gempol - Tantangan Mbak Titisari


Beberapa hari lalu main petak umpet dengan Mbak Titisari... he hee heee... beberapa kali dalam 2 hari berturut-turut aku baca miscall sewaktu HP dicharge dikamar, tapi ketika aku balas telpon ngak diangkat karna sibuk... Baca chat di FB yang aku tinggalkan ke dapur, aku balas, Mbak Titi udah ngak aktif...
Ha haa haaa... akhirnya bisa juga chit chat di FB.. Rupanya ada yang kangen masa lalu....

Mbak Titi minta dibuatkan Gempol, yang aku tau sih Gempol Plered yang ada dibuku resep jadulku... makan, apalagi liatnya aja belum pernah...
Eh udah gitu yang dimaksud Mbak Titi tuh beda... sampe dikirimin linknya...



Maunya gempolnya yang ada meniran ( beras hancur ) nya, bersaus santan mirip santan cendol, dan ada bubur gula merah kentalnya...( mungkin bisa diganti dengan bubur sagu ambon, karna mirip banget...)
Browsing sana sini, akhirnya dapat. Tapi aku buatnya banyak dimodifikasi prosesnya dan sedikit di bahan bakunya...  Sebenarnya kalau bukan Mbak Titisari, aku belum mau terima orderan yang pake kerajinan tangan seperti mulung2 model gini....


Setelah trial and error beberapa kali, maka beberpa jam kemudian dapet deh resep yang pas menurut aku dan mirip dengan deskripsi Mbak Titi....Gempolnya walaupun bulat dan keliatan agak keras, tapi meprul kalo digigit dan terasa ada grendul2 beras menirnya walaupun bukan mentah. Bubur gula merah sagunya aku campur tepung beras supaya ngak terlalu kayak "lem" :)) ...
Semoga bentuk dan rasanya sesuai dengan yang diidamkan Mbak Titi...

1 comment:

  1. wahh resepnya diikutkan lomba Kreasi Marie aja Mba. Langsung klik http://www.kreasimarie.com/home/ untuk info selengkapnya ^^

    ReplyDelete