Cooking with Mind, Body, and Soul

Tulisan2 ku disini ngak cuma sekedar nemenin foto2 yang dipamerin...tapi juga curhatan gimana mood aku sewaktu masakan dan cake ini dalam proses pembuatan. Dan perasaan tentang hasil akhirnya, sampai komentar yang icip icipnya...

Jadi mahap kalo isinya kayak cerpen, bahkan cerbung.... atau novel yaaa.... ha haa haaa....

Friday, November 13, 2009

Penganan Tradisional - Ultah Sunna - BNI



Cerita yang terpendam :

Yang ini penganan tradisional pesanan pertama Sunna untuk ultahnya di Gedung BNI tanggal 9 Juni 2009.

Pesanan yang luar bisa.....
Pesan jam 2 siang, dengan menu yang ngarang2 sendiri, karna aku belum pernah terima pesanan kue basah dalam tampah....
Setelah deal dengan pilihan2nya berupa 4 macam kue basah ditambah 3 macam bubur kolak manis..... eh ternyata Sunna minta dikirim besoknya jam 8 pagi.... alamaaaaaakkkk....




Aku minta waktu 2 jam untuk cek stok dilemari dan ketersediaan bahan dipasar yang tentunya sebagian besar udah tutup...

Oke... akhirnya disepakati untuk buat aneka bubur berupa :
  • Bubur Kacang Ijo
  • Bubur Sumsum
  • dan Biji Salak
Semua bahannya ada dipasar.

Panganannya :
  • Ketimus
Pengganti dari proll tape yg tukang tapenya udah melarikan diri, kalo singkong kan memang baru datang jam 2 siang , dan temenan dengan si ubi tuk Biji Salak tadi. Rada repot juga buat cup dari daun pisangnya...
Seharusnya toppingnya adalah parutan kelapa, tapi sebagai modifikasi aku semprotkan Vla Santan
  • Lemper Goreng
Kebetulan ada stok dada ayam di freezer, mana ada sih tukang ayam sore gini dipasar.
Pilih digoreng karena males juga harus bungkus2, sekalian modifikasi, padahal repot juga ya pake dipanir segala..
  • Jongkong Surabaya Gulung
Sunna milih ini setelah liat postingan aku di blog ini.
Serbuk merang bakar aku minta ketetangga yang bikin getuk hitam, daun suji hunting ke kampung belakang rusun.
Pandan... pandan yang begitu banyak untuk setiap penganan ini aku dapat darimana yaa... lupa juga... dah lama sih kejadiannya...
  • Talam Smoked Beef
Sejatinya yang aku tawarkan adalah Talam Ebi...
Karena ngak cukup waktu untuk haluskan dan sangrai ebinya yang cukup makan waktu, maka aku berniat rubah jadi Talam daging Sapi Lada Hitam....
Tapi karena ada bumbu yang tak tersedia didapurku, maka aku ganti aja dengan isiann yang ngarang sendiri sesuai stok yang ada... yaitu jadi Talam Smoked Beef yang aku beri tambahan Melted Cheese... ternyata sodara-sodara... rasanya uwenak... sampe teman2 Sunna mo pesan lagi itu yang judulnya Talam Ebi... ha haa hhaaa... padahal lain judul lain pula yang aku kirimkan...


Udah kan.....
Tapi prosesnya itu lhoooo....
Aku ngak tidur sekejabpun... coba deh bayangkan ngerjain makanan yang ketil dan printilan gini seorang diri... dari mulai planning, susun menu, buat daftar belanja ( ini perlu, karena banyak bahan baku yang digunakan oleh hampir semua kue dan bubur ini, seperti santan, tepung sagu, tepung beras, gula, dan lainnya )...

Santannya memerlukan lebih kurang 20 butir kelapa.....
Meras sendiri?????? Lha iya laaaahhhhhh....
He he heeeee... meras dari kantong plastik deh.....
Aku punya langganan santan instant serupa santan "Kara", tapi ini sangat fresh.. cuma dikirim jam 6:30 dan jam 3 sore... karena sesuai jam kerja para karyawannya...
Bukan santan peras yang dipasar-pasar itu yang pernah bikin aku kapok... yang aku beli jam 5 sore.. eh jam 11 malam udah pada asem semua... 5 butir mbok... untuk bubur yang akan dikirim jam 7 pagi... mabok ngak tuh...yang bikin aku subuh2 meras 5 kelapa sendirian...

Santan kelapa murninya "Alodia Sukses Mandiri" inilah yang bikin aku yakin bisa layani pesanan kue2 tradisional maupun tumpeng dalam jumlah banyak... Makasih ya Mbak Poppy...

4 kompor semua diberdayakan untuk berjibaku kejar waktu... dengan the one and only chef dari Alley Kitchen... ha ha haaa haaa...
Jam 5 pagi masih baru mau buat Talamnya....makanya cari cara yang praktis aja deh...
Jam 6 buat vla santan untuk Ketimus... wah ngak sempat deh semprot menyemprotnya...gimana enggak.. lha sambil goreng lemper... akhirnya suami turun tangan... makanya pola semprotannya aneh kaann...

Jam 7 tampah baru mau dihias daun yang udah aku lipat sejak malam... wah ngak sempat lagi nih... akhirnya Pak Rocky, sopir taksi yang juga tetanggaku itu yang bantu masang daunnya... he he heee... mencong2 deh...

Pas disusun,.... kok kuenya cuma 3 macam???? Wah Jongkong Gulungnya masih di kulkas... belum dipotong....
Sementara aku motong jongkong, susunan dikerjakan oleh suami dan Pak Rocky....
Akhirnya selesai dan dikirim.....

Sewaktu berberes, aku pengen juga dong rasain kue2 yang baru pertama aku buat itu...perlu juga kan tuk dopping energi yang terkuras habis sejak jam 2 siang kemarin sampai jam 7:30 pagi itu.....
Tapiiii..... mana sisa kuenya????

Ternyata oh ternyata, semua kue dan buburnya dikirim semuanya..... oh suami... suami....
Padahal aku udah perhitungkan untuk dapat sisa masing2 5 buah...
Akhirnya cuma korat koret panci bubur, yang dari 3 panci cuma dapat 1 gelas aja dan dimakan berdua suami...... he hee heee...

No comments:

Post a Comment