Cooking with Mind, Body, and Soul

Tulisan2 ku disini ngak cuma sekedar nemenin foto2 yang dipamerin...tapi juga curhatan gimana mood aku sewaktu masakan dan cake ini dalam proses pembuatan. Dan perasaan tentang hasil akhirnya, sampai komentar yang icip icipnya...

Jadi mahap kalo isinya kayak cerpen, bahkan cerbung.... atau novel yaaa.... ha haa haaa....

Monday, July 21, 2008

Jenis Kecap Asin ( Sebagian dulu )

Karena banyak temans yang belum tau penampakan jenis2 kecap asin yang biasa aku pergunakan, maka aku pejeng deh disini, tanpa bermaksud berpromosi merk tertentu.... abis enak sih....



Ini sebagian kecap kecap yang memang tidak terlalu biasa kita pake sehari-hari dan agak jarang di Pastrad...
Rasa asinnya memang agak beda, mungkin karena proses peragiannya yang beda... tapi kalo liat dari labelnya sih Halal kok... Alhamdulillah... padahal baru aku baca pas beli yang terakhir ini lho... duh teledor banget yaa....



Ini koleksiku yang dalam ukuran kecil... secara di Rusun sini, dapurku kan super mungil...




Kecap Maggi / Maggi Seasoning ini aku kenal sejak aku melek mata di masa kecil.... selain yang bentuk blok nya... ( tapi sekarang dah ada yang bentuk powder )
Ibuku selalu pake kecap ini tuk buat bistik kesukaan keluarga kami.... dan sejak balita sampe gede aku sering tuang sedikit demi sedikit tuk jilatin di telapak tangan...
Tapi yang buatan jadul itu rasanya lebih greng gitu deh... maklum masih import...
Eh... tapi yang ini kodenya juga ML yaaa.... berarti masih import dong.... kok rasanya beda yaaa...


Kecap Mushroom ini enak sekali kalo tuk campuran bumbu daging2an.. rasa asin dan gurihnya bikin masakan jadi beda....
Untuk bikin semur kalo pake kecap ini kuahnya jadi pekat dan warna daging, telur dan tahunya coklat kehitaman... begitu juga Mie Goreng... supaya coklat tua dan warnanya menarik pake kecap ini juga... selain rasanya jadi tambah muantab....


Dari merk yang sama dengan Kecap Mushroom ( biasanya dipajang di SM secara berdampingan ) ada yang jenisnya cuma kecap asin aja tanpa mushroom flavoured....
Rasanya seperti umumnya kecap asin... tapi lebih gurih karena... yaitu... peragiannya yang mungkin beda...

Kalau aku pake bermacam-macam merk kecap asin dalam satu masakan, itu karena aku senang bereksperimen dengan rasa masakan... dan kebetulan aku senang beli macam2 kecap untuk masak macam2 masakan dari beberapa negara...

Tapi.... kecap-kecap jepang sekarang ini muahaaalll bukan main... stock ku dah habis... tapi mo beli masih maju mundur... kelewatan banget deh yang ukuran kecil aja lebih dari 25rb - 30 rb...

4 comments:

  1. Aku mau nambahin 1 kecap temuan ibuku, produksi lokal tapi rasanya enak: Umami. Pabriknya di Gempol Pasuruan, entah nyampe atau nggak ya ke Jakarta ... Komposisinya cukup lengkap, bisa dipakaikan langsung ke masakan tanpa tambahan bumbu lain, atau bisa juga berfungsi sebagai penyedap nasi goreng, cah sayur, oseng2, mie, capcap etc.

    ReplyDelete
  2. Makasih Shirley... Kecap Surabaya emang banyak yang enak... sayang gak masuk Jakarta... kecuali hand carry... Kirimin dong tuk icip2.... Dulu temanku yang wong Sby suka bawa Kecap-100 namanya kalo gak salah .. ada 2 macem sih tuk chinese food... rasanya special... gak ada duanya... Sayang dia dah ngungsi ke Hongkong...

    ReplyDelete
  3. Bu Lisa, terima kasih buat informasinya...jadi tambah ngerti deh. ;P

    ReplyDelete
  4. mba lisa, beli kecap merk pearl river bridgeny dmn ya??
    uhm... setau aku, "naturally brewed" tuh artinya "fermentasi alami" mba, bau kecapnya nyengat bgt ga (ky bau alkohol yg nyengat)??

    ReplyDelete