Cooking with Mind, Body, and Soul

Tulisan2 ku disini ngak cuma sekedar nemenin foto2 yang dipamerin...tapi juga curhatan gimana mood aku sewaktu masakan dan cake ini dalam proses pembuatan. Dan perasaan tentang hasil akhirnya, sampai komentar yang icip icipnya...

Jadi mahap kalo isinya kayak cerpen, bahkan cerbung.... atau novel yaaa.... ha haa haaa....

Thursday, July 24, 2008

Getuk Lindri dan Singkong ala Thailand


Pagi ini kita mau sarapan apa yaa...Suamiku pengennya getuk tumbuk..tapi bakul getuk disebrang kereta pasti dah gak ada... biasanya berangkat subuh2...
Inget ada resep Getuk Lindri...jadi aku cepet2 kepasar tanpa mandi dulu... takut kehabisan singkong..., sedangkan gilingan daging manualnya udah sejak bulan lalu aku ambil dari rumah Pulo Gebang...
Jadul mbok... mungil, bisa bikin macem2, dari giling daging dlsb, bikin Mie, ngalusin biji-2an, sampe tuk masukin sosis ke selongsongannya... Aku juga punya yang gede..tapi cuma bisa giling daging dan teman2nya aja..

Resep yang aku ingat kayak gini :

GETUK LINDRI
Modifikasi by : Lisa Basuki

Bahan :
  • 1 kg singkong kukus
  • 200 gr gula pasir
  • 100 cc air
  • 5 lbr daun pandan
  • garam secukupnya
  • 1/2 btr kelapa setengah tua, parut panjang
  • Aroma dan warna yang digunakan menurut selera..
Cara Membuatnya :
  • Rebus air dan gula + 2 lbr pandan sebagai simple sirop
  • Kukus kelapa parut yang telah dicampur sedikit garam dan potongan pandan yang 3 lembar
  • Giling singkong selagi panas, ulangi 3 kali sampai singkong halus sambil dicampur simple sirop
  • Gulung singkong halus begitu keluar dari gilingannya, gunting/potong sesuai selera besar gulungannya
  • Sajikan dengan kelapa parut

Beli singkong sekilo..... kok isinya cuma 3... kayaknya kurang deh...belum tuk bagi tetangga kalo mereka ngiler... ( katanya hukumnya wajib ngasih..kalau tetangga melihat masakan kita ataupun kalo cuma mencium aromanya... )... Akhirnya beli 2 kilo dan langsung dikupasin penjualnya...

Dikukus... panas2 digiling...eh kok susah keluar ya...mulutnya dah ditekan2 pake ulekan kayu..teteup aja susah... cape ach... minta tolong suami tuk gilingin... masih juga gak keluar...
tuangin simple sirop...nah agak mendingan..keluar juga dengan penuh perjuangan...
He hee hee...suamiku bilang mendingan beli aja deh... dari pada susah gini...belum belepotannya..

Digiling menurut resep sampe 3 kali... wuah...baru 2 kali aja udah gempor...
Ya udah ah.. nyerah... 1 kloter aja deh...
Jadinya cuma 7 gulung...karena dah laper ya aku sajikan aja tuk suami... tapi......
eits... jangan dimakan dulu........ tunggu aku potret dulu dong... ini adalah keberhasilan atas suatu perjuangan yang patut diabadikan...



Udah dulu deh... warungnya ditutup dulu... sebel bangeeet... singkong kukus masih segambreng mo diapain ....
Masih penasaran mo nerapin bermacam2 ide yang udah aku rancang tuk aroma dan fillingnya... coba giling satu kloter lagi...masih susah... banyakin simpel siropnya.... yaaaa... kelembekan...
gpp deh... yang penting dah puas nerapin idenya... dan rasanya enak...

Weh... jadi inget deh... kedua gilingan daging itu emang belum pernah memberikan pelayanan yang sempurna kepada tuannya... kayaknya dari dulu gitu aja kelakuannya... kinerjanya gak ada yang bener...gak sesuai CV dan portfolionya....gak bisa diajak kompromi... makanya diistirahatkan di gudang selama 15 tahunan...
Eh.. begitu dikasih kesempatan keluar... teteup aja gak lulus.... kinerjanya buruk sekali....
Kira-kira apa yaa yang salah dari dia... karena waktu aku masih SD.. rasanya bikin Getuk Lindri tuh gampang banget... giling giling... keluar dgn lancar...potong2 dan sikaaat...

Sim salabim.....Abrakadabraaaaa.....

Sorenya singkong kukus yang segambreng itu udah berubah wujud jadi begini ....



Bikinnya cuma pake perasaan hati dan perasaan lidah aja.... wong jumlah singkongnya aja juga gak jelas...
Mmmmmmmm digigitnya legit.... rasanya manis manis gurih dari rasa gula dan santannya..... juga wangi aroma pandan yang semerbak...


SINGKONG ala THAILAND
sekenanya , by Lisa Basuki

Bahan :

Sama dengan Getuk Lindri... hanya jumlahnya gak jelas, namanya juga daur ulang...

Cara Membuatnya :
  • Rebus sebagian simple sirop sisa tadi + air segelas supaya gak kemanisan, masukkan singkong kukusnya
  • Tambahkan sedikit garam, juga 1 sachet kecil santan instant, 4 lbr pandan di potong-potong.
  • Rebus terus sampai gula meresap... tambahkan air bila perlu...
  • Tuangi dengan tepung beras yang sudah di larutan dengan air...
  • Aduk sampai mengental agak kering...dan meletup-letup
  • Tata dalam piring saji...
  • Potrat potret dulu sampai dapat angel yang bagus bagus...itu menurut aku lho... tapi kayaknya sih musti belajar dulu sama ahli Food Photography teman2nya Mas Adam si bungsu waktu kuliah di DisKomVis tapi mereka jurusan Photography, dan sekarang kerja di advertising... teman2 mau ikutan gak???
  • Dah gitu ...........baru deh diserbuuu....

No comments:

Post a Comment

Post a Comment