Cooking with Mind, Body, and Soul

Tulisan2 ku disini ngak cuma sekedar nemenin foto2 yang dipamerin...tapi juga curhatan gimana mood aku sewaktu masakan dan cake ini dalam proses pembuatan. Dan perasaan tentang hasil akhirnya, sampai komentar yang icip icipnya...

Jadi mahap kalo isinya kayak cerpen, bahkan cerbung.... atau novel yaaa.... ha haa haaa....

Friday, December 5, 2008

Tumpeng Instant Lagi - kali ini untuk MINVEST

Kemarin pagi setelah menghabiskan semangkuk bubur ayam langganan yang sedap itu, aku tetap duduk dikursi makan sambil memandang sekeliling ruang makan yang lama tidak tersentuh... aku akan bereskan dan tata ulang semuanya... mulai dari mana yaaa....

Tiba2 HP ku berdering dan ada suara lelaki yang menanyakan tumpeng... tumben... biasanya cewek2 aja yang telpon aku tentang masakan yang di blog aku...
Ternyata... oh ternyata.... Mas Yusron ini memberikan aku tantangan yang lebih besar dari tantangan Ria - Cardig Air...
Coba aja... call jam 9 untuk dibuatkan tumpeng pada acara jam 5 sore... dan diambilnya jam4.... wah... gak bisa dong sementara sekarang aku masih di Pulo Gebang, belum mandi pula...
Mas Yusron terus mendesak....oke...jam 5 aja deh.... tawar menawar akhirnya disepakati jam 4.30 sore dengan catatan "aku usahakan"

Gila banget yaaa... n nekad....

Iya... aku ingat2.. kalo masih ada persediaan ayam, udang, perkedel, juga kering kentang dan sambal, sedangkan Pindang Bandeng aku bawa dari rumah Pulo Gebang yang kebetulan aku beli kemarin dari langgananku sejak th 95 sewaktu aku punya resto/warung di Karbela dulu... tinggal beli sayur mayur untuk urap dan garnis... juga daun pisang yang Insya Allah bisa aku dapat di Pasar Pulo Gebang yang biasanya langka...

Oke... segera mandi, call Bu Nining di Rusun untuk segera keluarkan bahan2 dari freezer dan akan minta tolong untuk digoreng sekalian..... tapi... alamaaakkk... kok 3 telponnya ngak ada yang nyambung satupun... call ke Mas Adam, bungsuku yang biasanya di Rusun juga ngak nyambung....

Kepasar... untungnya pasar Pulo Gebang lengkap, mutunya bagus, dan biasanya sampe jam 11 masih banyak... Alhamdulillah semuanya ada... juga daun pisangnya yang ternyata murah dan bagus... lebar2 pula...
Sebelum selesai belanja suamiku bilang dia sudah menunggu didepan pasar bawakan 2 buah tas besarku dan ingatkan apakah taxinya sudah dibooking.... wah ternyata belum tuh... yaa call aja deh dari pasar... Trus suami kasih ide agar taxinya jemput aku di Alfamart aja, jadi kita gak usah pulang kerumah lagi...Aku call lagi ke operatornya untuk ganti lokasi penjemputan.... nunggu di Alfa sambil lari sana sini beli perlengkapan yang bisa didapat ditoko2 sekitar situ.... Nyoba telpon lagi Bu Nining... teteup ngak bisa... akhirnya minta tolong Bu Yuni tetangga di Rusun untuk mengutus pembantunya ke lantai 3 supaya Bu Nining menghubungi HP ku...

Hujan turun.... taxi belum juga datang.... sambil nunggu aku mo buat garnisnya aja... masuk ke Alfa beli serbet dan air mineral tuk bersihkan ketimunnya... sambil berdiri aku kerat ketimun Jepang yang hijau tua itu untuk membentuk bunga...( dari rumah aku udah bawa pisau kecil yang tajam, dan steples beserta isinya untuk lipatan daun pisang )
Sampe jadi 3 bunga... taxi belum juga datang... setelah 2 kali cek ke operator.. ternyata taxinya udah sampe rumah dan ketok2 pintu yang ngak ada orangnya... yeee ternyata taxinya lewat belakang... jalan pintas belakang kompleks... sementara aku nunggu di depan kompleks... pantes aja ngak nongol2....

Hujan agak reda... taxi berjalan juga ngak terlalu kencang... aku selesaikan 1 bunga ketimun yang tadi belum sempurna... lalu aku berfikir lebih panjang lagi.... lebih baik aku buat lipatan daunnya aja yang pastinya lebih banyak makan waktu pengerjaannya....

Mulailah aku membersihkan daun dengan serbet yang dibasahkan dengan air mineral, dan melepaskan serat daunnya...sret sret sret...Bapak Sopir taxi tertawa.... he he heee... kayak di kampung....katanya " selama saya bawa taxi baru kali ini ada yang merobek-robek daun pisang di mobil....." Ha haa haaaa.... maklum lah Pak... pekerjaan kilat dan saya memanfaatkan waktu....

Sampe depan Rusun hujan lumayan deras... sekalian naik taxi aku minta Pak Sopir untuk menepikan mobilnya dekat kios sembako langgananku untuk beli beras dan telur... dan beli kelapa parut disebrangnya... iyalaah... daripada udah sampe Rusun trus harus turun lagi kepasar ujan2an....
Dan masih memanfaatkan taxi aku langsung ke Petamburan Jl.KS.Tubun untuk membeli Sterofoam sekaligus aja beberapa lembar... kan kalo naik ojek bawanya susah... selain jadi terbang kena angin, juga rawan kesenggol orang ataupun kendaraan lain, yang pastinya bikin sterofoamnya patah dan hancur berantakan....

Yes... sampe juga di Rusun.... langsung serahkan sayur mayur untuk dicuci dan sebagiannya untuk direbus kepada Ibu Nining... sementara aku siapkan ayam yang mau digoreng, dan udang.... sambil menyiapkan proses nasi kuningnya....
Aku lakukan semua sambil makan sesuap demi sesuap sambil lari sana sini....karena waktu hampir menunjukkan jam 12 siang....

Mas Adam aku karyakan dengan paksa untuk melapisi tampah ( yang kebetulan stokku masih ada ) dengan sterofoam, dan pasang lipatan daun yang udah aku kerjakan di taxi tadi....( sempat panik juga nyari daun2 yang sudah aku satukan di kantung plastik....jangan2 ketinggalan di taxi.... ternyata Pak Sopir tadi waktu turunkan dari mobilnya, tertinggal di lantai bawah dekat warung nasi.... ). Jam 3.30 semua masakan selesai...

Siapkan garnish... Bu Nining juga sudah turun tuk membantu buat bunga tomat dan pagar kacang panjangnya....
Lha kok Mas Yusron telpon kalo dia udah sampe Bakmi Jawa.... berarti ngak sampe 5 menit lagi dia akan tiba di Rusun.... Maaasss... baru jam 4.... ntar dong jam 5....
Dia bilang tenang aja Bu... aku tungguin....

Ya udah aku selesaikan menata dan garnis tumpengnya, diselang sebentar aku lari kepasar tuk beli nanas sebagai wadah sambelnya.....
Alhamdulillah jam 5 semua selesai.... Pada sessi foto... ternyata cameraku bermasalah.... memang sejak di Bandung Sabtu lalu LCD nya ngak bisa menampakkan gambar object... aku coba melalui view finder... kok hasilnya meleset....

Ya udah... ngak pake difoto... aku cuma minta ke Mas Yusron untuk memotret tumpengnya ditempatnya dan kirimkan hasilnya melalui email.....
Aku tunggu yaa Mas.... juga komentar teman2nya....

Tumpeng ini untuk acara peresmian mess karyawan PT Minvest ( mining company ) di daerah Karet Sudirman....
Semoga tidak mengecewakan..... dan ditunggu repeat ordernya....Tapi jangan instant lagi yaa... bikin adrenalin terpacu kuat... keseringan bisa kambuh sakit jantungku ha haa haaaa....

Nah ini foto yang keesokan sorenya dikirimkan Mas Yusron ( terimakasih banyak ya Mas...) :



Menunya :
Nasi Kuning, Ayam Goreng Santan, Udang Gulai Kuning, Bandeng Presto Goreng,
Perkedel, Telur Dadar Rawis, Urap Sayuran, Kering Kentang Ebi,
Lalapan berupa brokoli, kacang panjang, selada kriting, ketimun, dan tomat
yang berfungsi sebagai garnis,
juga tentunya sambal bajag special...



Dalam emailnya Mas Yusron menulis sebagai berikut :
Assalamualaikum Ibu Lisa,
Kejadian saya ini kurang lebih sama dengan case Ria di cerita sebelumnya, Boss kantor saya pesen tumpeng dadakan untuk acara di sore harinya.... kebetulan searching di google, muncullah nama Ibu Lisa dengan cerita di blognya. Atas dasar kesamaan cerita itu, saya coba tlp Ibu Lisa, dan dijawab dengan kesanggupan yang akhirnya saya buktikan sendiri ketika datang menjemput pesanan tumpengnya.
Terima kasih atas tumpengnya, acaranya berlangsung dengan baik. Bentuknya sangat menarik termasuk hiasannya, bentuk jadi dan rasanya diatas bayangan saya. Rasanya enak sekali begitu pula sambalnya, penataannya bagus, kalo boleh komentar pribadi saya; Ibu Lisa ini mempunya rasa seni yang tinggi dan ingin memberikan yang terbaik buat kliennya, ternyata saya buktikan dan baru ngeh dengan nama alley kitchen ini (sesuai dengan artinya - dapur di gang) tapi rasa hotel bintang 5. Kesaksian dari 30 orang yang hadir di acara penempatan rumah baru untuk Mess - Karyawan di Karet Setiabudi rasanya mack njuss.... yang tersisa cuma tomat ama terong bunder aja.
Berikut saya kirimkan fotonya.
Salam,
Yusron

No comments:

Post a Comment