Cooking with Mind, Body, and Soul

Tulisan2 ku disini ngak cuma sekedar nemenin foto2 yang dipamerin...tapi juga curhatan gimana mood aku sewaktu masakan dan cake ini dalam proses pembuatan. Dan perasaan tentang hasil akhirnya, sampai komentar yang icip icipnya...

Jadi mahap kalo isinya kayak cerpen, bahkan cerbung.... atau novel yaaa.... ha haa haaa....

Sunday, August 17, 2008

Pancake Pinda & Blueberry





Dapet SMS dari suami pagi itu, dikapal pemetaan dasar laut, tempat dia bertugas saat itu, sarapan paginya adalah pancake....
Trus aku bilang, kalo sebenarnya aku juga udah lama niat tuk bikinin dia pancake, kan aku dah bawa resep macam2 pancakenya dari rumah Pulo Gebang...
Tapi karena setiap pagi, begitu buka mata aja ingatannya langsung Ubi dan Pisang Kukus.... jadi aja niat bikin pancake selalu gagal...

Mulanya aku masih layani tuk beli kepasar dan ngukusin ubi dan pisangnya... lama lama kalo tiap hari selama ber-bulan bulan....bosen deeeh.... secara aku juga ngak bisa tuh sarapan model gitu... ngak nendang ( gitu istilah bungsuku...), karena aku ngak suka manis2, jadinya cuma bisa ikut makan sepotong aja... Akhirnya suamiku sendiri yang pergi beli ubi dan pisang, trus dia kukus sendiri.... dan makan sendiri... ( he hee heee... istri macam apa ya aku ini.... ). Kan ngak selamanya diet suami jadi diet istri... udah gitu teman sarapannya .... susu untuk Body Building yang kental seperti cereal itu ditambah madu... hmmh... gak ketelen deh...

Jadi sepulangnya dia tugas dilaut yang sebulan itu, aku bikinin dia Pancake dengan pindakaas/selai kacang kesukaannya... dan..... masih ditambah siraman madu....


Resepnya aku ambil dari buku The Fundamentals of Taste by Ron Kalenuik edisi Bahasa Indonesia, keluaran Tira Pustaka yang aku beli dari sales yang dateng ke kantorku sewaktu di WTC dulu...tanggal 24 November 95..... he hee heee...jadul yaaa....
Sebenarnya sih banyak banget variasi isi dadar/pancake ini.. tapi aku cuma ambil adonan dasarnya aja... dan diisi sesuai dengan stock yang ada didapur.

ADONAN DADAR

Bahan :
150 gr tepung terigu
1/2 sdt garam
2 sdm minyak
250 ml susu cair
60 ml air soda
1 btr telur
1/2 sdt vanilla bubuk

Cara Membuatnya :
  • Ayak terigu bersama garam
  • Campurkan minyak, susu, dan air soda
  • Kocok telur, tuang kedalam cairan. Tambahkan vanilla
  • Kocok hingga licin dan encer
  • Kalo aku sih bikinnya diblender aja... telur dulu, lalu tepung dan cairan bergantian..
  • Tuang 3 sdm adonan dalam wajan datar panas beroleskan mentega
  • Masak 1 1/2 menit, balikkan, dan masak 1 menit lagi diatas api sedang.
  • Angkat
Untuk 16 lembar


Sebagai variasi aku buatkan juga yang toppingnya blueberry + cherry merah...


Aku ikut menikmati????..... enggak juga..... manis juga kaann....


Aku sarapan..... bubur ayam yang beli dipasar aja......

No comments:

Post a Comment