Cooking with Mind, Body, and Soul

Tulisan2 ku disini ngak cuma sekedar nemenin foto2 yang dipamerin...tapi juga curhatan gimana mood aku sewaktu masakan dan cake ini dalam proses pembuatan. Dan perasaan tentang hasil akhirnya, sampai komentar yang icip icipnya...

Jadi mahap kalo isinya kayak cerpen, bahkan cerbung.... atau novel yaaa.... ha haa haaa....

Tuesday, August 5, 2008

Dimsum Class - ( 2 of 15 ) Siomay

Kulit untuk siomay biasanya beli jadi di pastrad atau supermarket.
Bentuk kulit menjadi bundar dengan membuang bagian pinggirnya...




TIPS dari aku :

Pilih kulit yang benar2 untuk siomay, jangan pake yang untuk pangsit, karena ketebalannya beda, juga rasanya...
Kalo di Jakarta, aku suka beli di Pasar Senen... atau kalo emang niat, aku pesan via Encik penjual bahan bakso di pasar dekat Rusun sini. Harganya emang lebih mahal dari kulit pangsit...
Dan kalo dipaksa pake kulit pangsit, hasilnya gak sempurna... terlalu tebal, agak sulit mateng, dan rasanya agak2 beda... Tapi pake kulit pangsit yang lebih tipis juga agak lumayan..( aku lupa pangsit tuk yang goreng atau yang tuk rebus yaaa.. karena kulit pangsit juga ada 2 macam )



Satukan ujung jari telunjuk dengan ujung ibu jari... letakkan kulit siomay diatasnya, isi yang berupan Ham Siomay secukupnya.
Lengkungkan jari tengah dorong isi siomay hingga masuk kelingkaran jari dan tertahan jari tengah. Kencangkan sedikit lingkaran jari tengah dan ibu jari supaya berpinggang...
tralaaa.... jadi deh siomaynya....

he heee.... yang ini aku juara....

Atasnya dihias dengan cincangan wortel, jamur shiitake , atau seledri...

Aku udah sering bikin siomay .....yang udah nyobain sih bilang TOP bgt... he hee heee
hanya saja di kursus ini aku dapat cara baru yang pake dijepit jari itu...

biasanya aku cuma dicetak pake cucing kue mangkok dan kulitnya yang model segi-4 itu pating jelulur karena ngak dipotong bundar.

Maaf ya Chef... menurut aku sih sisa potongan kulitnya itu jangan dibuang deh...
mendingan buat si Kumis Naga pake sisa kulit ini aja deh... eman-eman...
Atau bisa juga digoreng buat teman bubur ayam atau Mie Instant...
( Dasar emak-emak... gak mau rugi... )

No comments:

Post a Comment