Cooking with Mind, Body, and Soul

Tulisan2 ku disini ngak cuma sekedar nemenin foto2 yang dipamerin...tapi juga curhatan gimana mood aku sewaktu masakan dan cake ini dalam proses pembuatan. Dan perasaan tentang hasil akhirnya, sampai komentar yang icip icipnya...

Jadi mahap kalo isinya kayak cerpen, bahkan cerbung.... atau novel yaaa.... ha haa haaa....

Saturday, July 10, 2010

Chiz Fruit Cake and Tumpeng for Lovely Mother


Cheese Cake kali ini merupakan pengejawantahan obsesiku selama ini ( he hee hee apa sih..)... dah lama pengen bikin fruit cake yang buah2annya ngak sekedar disusun dari irisan2 buah aja, tapi merupakan susunan rencengan ( istilah Betawinya ) buah secara utuh... walaupun masih dicampur juga dengan yang irisan...




Kali ini sesuai dengan pesanan berserinya Pak Andi nun jauh di Australi sana,... adalah untuk hadiah Ultah Bunda tercintanya pada tanggal 10 Juni lalu..

Beliau memberikan budget yang cukup untuk aku buatkan dengan cream cheese import.. walau pengen aku sih pake yang Philadelphia, tapi stocknya kosong dipasaran, jadi pake yang Anchor aja..gak beda sih..
Basenya pake Biskuit Gandum yang dihaluskan, baru dituangkan adonan cheesenya.. karena sayang kalau air jeruk lemon inportnya terbuang, jadi aku masukkan aja keadonan.. gpp jadi lebih asam dan wangi... toh teman2nya juga asam kok, seperti cream cheese, dan yoghurt Peach yang bercampur cacahan peachnya... rasanya suegeerr... ( lha kok tau.... ya taulah.. kemarin baru dicicip cake dalam cupnya yang aku sisihkan cuma 1 cup dari adonannya tuk icip2 aku sendiri... he hee heee...)

Seperti biasanya Pak Asmaun yang mengirim cake dan tumpengnya menelpon aku setiap kiriman tiba dan diterima ditempat tujuan.
Tapi kali ini katanya yang nerima mo bicara.... Alamaaakkkk katanya cakenya melorot hiasannya, jadi jelek kalo dipotret... Waktu aku bilang gak papa Pak, kan sudah saya potret tadi, jadi foto utuhnya ada... Ternyata mereka mo motretnya malam harinya, karena acaranya baru jam 7 malam.... alamaaakk lagi... kok permintaan semulanya dikirim jam 8 pagi...
Itu aja sudah aku mintakan diundur agak siangan, karena bahan mie goreng untuk tumpengnya baru bisa dibeli pagi hari, bukan dari kemarin paginya..

Ya sudah... aku sanggupi untuk menghias ulang cake yang akan segera dikembalikan itu...
Padahal body udah lemeeesss banget... kemarin malam begadang bikin BDCKnya... tadi malam begadang siapkan tampah2nya yang dihias lipatan daun... trus siang itu aku lagi selesaikan tumpeng pesanan pelanggan lain ....

Ya sudah... sambil mandi setelah selesaikan tumpengnya, aku mikir lagi... digimanain lagi yaa BDCKnya...
Memang salah aku juga sih tadi pagi itu... cake yang sudah beku dan berlapis agar itu, langsung aku spuitkan whippcream dan dihias buah2an, trus langsung dikirim tanpa dibekukan lagi di freezer...karena tadi sewaktu semprotkan Wpnya kedinding cake ya kok nempel... jadi aku perkirakan WPnya akan kuat menempel... ternyata oh ternyata... jadinya begono...

Begitu aku buka box BDCKnya ternyata WP yang  di pinggir dan didindingnya melorot abis... akibatnya strawberry yang diatas berjatuhan setelah bolak-balik Pejompongan-Kelapa Gading-Pejompongan dicuaca yang lumayan panas ketika itu...
Pak Asmaun bilang, tadi sih ngak separah itu,... cuma sedikit dinding yang melorot..

Ya sud.. aku bongkar semua buah dan WPnya... semprot buahnya dengan air hangat dari hair shower, ternyata bisa bersih dari WP tanpa membuat buahnya layu.., tapi potongan buah naga merah, kiwi hijau dan kiwi goldennya aku ganti baru karena persediaanku masih cukup banyak..

Kocok lagi WPnya yang baru dengan melebihkan jumlah gelatinenya supaya lebih kokoh.... eh ternyata sewaktu dicampur dengan sisa Wp dari cake semula, kok jadinya malah encer...
Akhirnya diubah semua dengan menggunakan BC yang kebetulan masih ada persediaan mentega Australi dan Eiselanya...

Hias menghias, masuk freezer lagi, dan cukup beku ketika akan diantar setelah Magrib..

Ngak mau mengulang kegagalan tadi siang, kali ini BDCKnya dipacking dulu dalam box styrofoam yang dibeli tadi siang sampe 3x balik karena Asep si ojek langgananku salah pilih ukuran..
Trus pinggirnya diganjal 2 buah Ice Liquid yang sejak siang tadi juga aku bekukan, ditambah dengan 3 plastik besar es batu yang aku beli diwarung bawah...

Alhamdulillah laporan Pak Asmaun setibanya disana sangat melegakan...  katanya BDCKnya selamat tanpa kekurangan suatu apapun...




Nah ini dia penampakan Chiz Fruit Cakenya setelah di Reinkarnasi kan... 
pinggirnya aku tempelkan coklat hijau berbentuk daun anggur 
( trauma bok... takut melorot lagi... ), 
diikat pita supaya tambah kokoh pinggirnya... he hee heee...




Sedangkan ini adalah penampakan tumpeng yang urap dan bandeng presto gorengnya 
diganti dengan Mie Goreng Hongkong...

Yaa demi kepuasan pelanggan... walaupun harus me reinkarnasikan cakenya, tapi aku senang liat hasi akhirnya... dan Pak Andi sewaktu nelpon siangnya dan aku laporkan keadaan BDCKnya yang waktu itu belum tiba kembali, beliau malah ketawa " kok kayak baju kegedean aja pake melorot"... dan beliaunya malah jadi ngak enak karena BDCKnya dikirim balik atas permintaan keluarganya...

Gpp Pak... walaupun 3 minggu kemudian aku baru nyadar kalo sore itu harusnya ketemuan di PI dengan teman2 Ex-Warner Lambert yang reunian dengan sahabat yang liburan pulang kampung dari Amrik..
Maap ya Maya... next time kita ketemuan lagi dan gue bawain tumpeng kuning yang udah bikin elo ngiler di Amrik..



No comments:

Post a Comment