Cooking with Mind, Body, and Soul

Tulisan2 ku disini ngak cuma sekedar nemenin foto2 yang dipamerin...tapi juga curhatan gimana mood aku sewaktu masakan dan cake ini dalam proses pembuatan. Dan perasaan tentang hasil akhirnya, sampai komentar yang icip icipnya...

Jadi mahap kalo isinya kayak cerpen, bahkan cerbung.... atau novel yaaa.... ha haa haaa....

Monday, October 6, 2008

Bikin Lapis Legit???? Siapa takut!!!






Ramadhan yang baru lalu aku ngak mau promosi untuk terima pesanan macam2 kue, karena aku ngak punya lagi staff rumah tangga yang bantu aku di dapur maupun beres2 rumah...

Aku cuma mau terima catering Paket Ketupat ( Ketupat, Sayur Godog buncis + baby corn, Kering Kentang Ebi, Sate Sapi Manis, Semur Lidah, Sambel Goreng Ati, Sambal, Acar, Rujak Serut, Kerupuk, dan Bakso untuk anak2 ) dari salah seorang teman milis untuk diambil hari Selasa sore, 1 hari sebelum Idul Fitri... sebenarnya teman SMA ku juga pernah bilang tuk pesan paket ketupat beberapa bulan lalu.. tapi karena keterbatasan tenaga maka aku ngak reconfirm lagi ke dia...
Itu aja aku kerjakan benar2 seorang diri dari mulai belanja, meracik sampai mengolahnya... juga mbakar satenya... ( tetangga yang aku minta tolong cuma bersihkan buncis, baby corn dan kentang aja... dah gitu dia ngak nongol lagi... hiks hiks hiks... )
Masakan ini ngak sempat di foto karena udah teler banget 3 hari terus menerus didepan kompor sampe sahur...
Karena kerupuk udang yang oke punya ngak ada dipasar sini, juga waktu kemarin ke Pasar Senen aku ngak liat jenis kerupuk itu, maka ya harus ke Mayestik seperti biasa kalau beli kerupuk tuk catering...
Kalo tujuan ke Mayestik cuma buat beli kerupuk 1/2 kg aja.. kayaklnya cuma buang tenaga, waktu dan biaya transportasi aja....
Maka dihari minggu, 3 hari menjelang Idul Fitri aku menanyakan ke Abang tetanggaku tentang pesanan Lapis Legit yang dia pernah pesan ke aku dari sebelum bulan puasa... ternyata si Abang masih teteup mau dan minta selesai besoknya, yaitu hari Senin sore... karena dia mau ke Batam dan bawa Lapis Legitnya kesana...

Wah.... gimana yaa... secara aku juga belum pernah bikin Lapis Legit... resepnya aja juga belum ada... waktu itu udah jam 12 siang...
Baru mo browsing.. eh ada pelanggan cilikku minta rambutnya diikal permanen kayak Cinta Laura katanya.... yach kerjain aja dulu deh lumayan kerjaan bersih dalam waktu 2.5 jam pendapatannya setara dengan nerima orderan BDCK yang harus dikerjain lebih dari 4 jam dengan peralatan perang segabruk....

Selesai urusan rambut dan beres2.. ternyuata udah jam 3 sore....langsung keingat kalau Vita jualan Lapis Legit... jadi aku call Vita tuk tanya resepnya.. akhirnya resep Lapis Legit ala Hadi Tuwendi aku dapet dari beberapa blog... itu juga yang di suggest Vita, karena Vita ngak punya soft copynya...

Dan aku pilih dari blog ini :
http://therums.blogsome.com/2007/01/25/lapis-legit-klasik-ala-bapa-hadi-tuwendi/
Makasih yaa... the rums ( aku belum nemu siapa sebenarnya pemilik blog yang sangat informatif ini... )

Untuk Tips anti gagalnya liat disini

Langsung aku cek stock bahan kue yang ada didapur... pesan telur ke pasar depan Rusun.. dan langsung meluncur ke Mayestik tuk beli Butter dan Prunesnya..
Sampe disana toko udah 75% tutup, aku maksa tuk beli butter dan prunesnya... trus ke toko packaging beli box cake, yang ngelayani lelet banget... gregetan deh... takut toko sembako yang jual kerupuk tutup... tapi akhirnya kebeli juga deh semua keperluan...

Sampe rumah langsung beres2 persiapan baking...
Nimbang2 dan siapin merah telur sampe jam 10an... terus ngemix semua bahan... mulai ngelapis adonan jam 12 malam.... hmm selapis demi selapis... lumayan melatih kesabaran... untung aja warung nasi sebelah tetup buka sampe sahur, dan ada aja orang yang mampir dan duduk2 makan disitu sampai saat imsak... jadi ngak kerasa juga kalau Lapis Legit perdana yang lumayan besar ( 26 x 26 x 7 cm ) itu selesai juga jam 03:00...


Waktu semua peralatn perang udah diberesin, aku duduk dibangku menghadap oven nungguin pemanggangan terakhir dengan api bawah dan pematangan lapis atas.....



Huuh... mata udah ngak bisa diajak kompromi.. ber-kali2 aku terkantuk-kantuk... jadi aja bagian bawah dan atasnya agak agak itam manis gitu....
he hee heee... langsung sahur deh...


Layernya masih belum rata, karena sok yakin kalo hasilnya bakal lurus... eh ngak taunya emang kudu di tekan2 setiap lapisnya.... ( ini masukan dari Mira sepupuku yang di Bandung ), juga kalo mau yang lebih berminyak, setiap lapis harus dioles butter... ooo gitu...

Jadi waktu bikinin pesanan tetangga di lantai 5 yang juga sahabat si Abang ( dia pesan karena ngak bisa nyicip Lapis Legitnya si Abang ) untuk dimakan bersama teman2nya di hari Sabtu hari ke-4 Lebaran... aku ikutin sarannya Mira, karena mereka maunya yang berminyak dan lebih lembut gitu...

Hasilnya ya kayak gini :


Ukurannya yang standard 20 x 20 x 7 cm dengan Prunes yang juga sarat prunesnya...

Fotonya kurang tajam karena diambil dimeja warung di area tengah aula dan matahari juga udah mulai meredup... angelnya juga beda, karena diambil oleh anakku Mas Adam...
Waktu itu tanganku belepotan coklat, karena lagi bikin daun coklat untuk cake Chocolover pesanan keponakanku Ari untuk ultah gebetannya : Amy...



Alhamdulillah si Abang repeat order untuk Lapis Legit ukuran standard tapi tanpa prunes... project ini untuk hari Kamis 9 Oktober besok.... semoga tambah kece ya hasilnya.....

2 comments:

  1. Wih lapisnya keren... bener bu! tiap lapis wajib disetrika biar rata dan tiap lapis or 2 lapis diolesin butter... ih senengnya ada yg nemenin manggang lapis. Btw waktu bikin ukuran tidak standar butuh berapa resep, kok aku jadi pengen bikin sendiri buat makan yach.

    ReplyDelete
  2. Bener Fie.. waktu bual Lapis legit yang kedua san seterusnya aku selalu tekan dan setrika pake loyang kecil 10 x 12, lebih gampang dan bisa sampe kepojok2... drpd pake setrikaan beli yang pegangannya tajam.

    Resep2 untuk ukuran dan jumlah yang ngak standard biasanya aku buatkan rumusnya di excel, jadi kita tinggal isikan ukuran atau jumlah yang diinginkan... langsung deh semua jumlah ukuran setiap bahannya menyesuaikan diri... he he heee...

    Kaena Resep LapLeg Hadi Tuwendi untuk ukuran 22x22x8, maka untuk 26x26x7 diperlukan 1,2 x resep... sedangkan untuk yang standard jual 20x20x7 dipelukan 0,725 resep... gampang kan???

    ReplyDelete