Cooking with Mind, Body, and Soul

Tulisan2 ku disini ngak cuma sekedar nemenin foto2 yang dipamerin...tapi juga curhatan gimana mood aku sewaktu masakan dan cake ini dalam proses pembuatan. Dan perasaan tentang hasil akhirnya, sampai komentar yang icip icipnya...

Jadi mahap kalo isinya kayak cerpen, bahkan cerbung.... atau novel yaaa.... ha haa haaa....

Wednesday, July 14, 2010

Ayam Kodok - Menu lain Alley Kitchen



Minggu lalu aku terima telpon dari sahabat milis, Shinta Antholis, yang cantik itu…
Tumben nih Shinta telpon, ternyata mo pesan Ayam Kodok untuk hadiah ultahnya Yulia Maki tanggal 14 Juli…. Yang begini nih yang bikin semangat… menu yang beda.. jadi ngak bosan dan jenuh kalo melulu kerjain tumpeng dan kue tampah terus…

Senang dapet tantangan bikin ayam kodok yang udah 15 tahun ngak pernah dibikin lagi… kerjaan ribet, tapi siapa yang mo makan?? Secara sekarang anak2 udah berpencar.. paling2 aku Cuma bikin Bistik Lapis… atao nama kerennya Slice Beefsteak gitu… yang daging has dalamnya diiris tipis dulu baru diolah… Toh bumbu dan sausnya, juga teman2nya ngak beda… bikinnya cepat, dan bisa dalam porsi sedikit… kalo Ayam Kodok gini kan minimal dagingnya isinya aja 1 kg… kapan mo abisnya??



Sebenarnya masih minggu tenang sih...istirohat ngak kedapur dulu... tapi antusias mo bikin si ayam yang katanya mirip kodok ini... tapi udah lama aku ngak mo bikin yang nungging gitu... ngak sopan deh, masa yang mo makan harus menghadapi brutu dulu... ha haa haaa... makanya dah lama mendesign yang seperti ayam2 di iklan majalah para bule2 itu...lebih sopan khaann... ngak keliatan bagian yang seharusnya ditutupi itu....ayam githu lhooo...



Isinya special karena selain daging ayam itu sendiri beserta teman2nya, juga dicampur daging sapi giling juga... bumbu isi dan olesannya hasil modifikasi dari berbagai sumber, dan disesuaikan dengan bumbu yang biasa aku gunakan.
Sausnya... ini adalah saus steak yang biasa dibuat oleh si Oma, alias Ibuku tercintah yang paling jago bikin Beefsteak ( ato emang bisanya bikin steak doang yaa... ha haa haaa...), dengan sedikit tambahan Demi Glaze..



Berhubung wadah yang sesuai dengan pesanan Shinta, aku khawatirkan untuk keselamatan sang ayam kalo dibawa pake kurir bersepeda motor, maka aku usulkan untuk diganti dengan wadah anyaman Lombok yang aku beli di InaKraft beberapa waktu lalu... yang ini ngak untuk dipasarkan... karena barang langka... ngak tau harus beli kemana nih kalo ada yang mau...
Jadi aku tambahkan dengan "no additional cost" sebagai hadiah dari aku untuk Yulia Maki.

Selain itu, aku menganggap kalo teman makannya Ayam Kodok gini adalah Cream Soup. Jadi aku tambahkan dipaketnya sebagai hadiah Ultah dari aku juga untuk Julia...
Next time aku akan buat menu Ayam Kodok Komplit yang sudah include Cream Soup aja deh...
Cream Soupnya berisi ayam, jamur, wortel, jagung, green peas ( kalo ada stock), dan brokoli..
Malah kalo sempat sekalian dengan Garlic Breadnya....
Wah jadi laper sendiri nih... hari gini belum maksiang... udah jam 3 sore nih...


Tadi pagi aku masih ragu.. gimana ya caranya kurir bawa paket ini naik sepeda motor??? Selama ini aku hanya mengandalkan Pak Asmaun dan Pak Rocky sopir taksi langganan... semua kiriman selalu selamat, sehat sentosa sampe di tempat tujuan...
Lha ini Shinta maunya dikirim via Nirwana Kurir langganan paka bakul kue... yang pastinya juga tau persis alamat rumahnya Yulia Maki... secara Shinta ngak tau judul jalannya... apalagi aku yang ngak pernah mampir dirumahnya Yulia...he hee heee...




Ternyata pas banget tuh ukuran wadah dengan boxnya yang mereka bawa...
Ini lokasinya kurang representative, karena mereka parkirnya didekat Pos Satpam nun jauh disana... bukannya dibawah tangga blok aku yang pastinya cuma naik 1 tingkat aja kedapurku... lagian kok boxnya ngak dibawa kedapurku aja, jadi aja assemblynya dibelakang mobil yang diparkir... ha haa haaa...


TTDJ ya Mas... semoga selamat sampe tujuan...

Ternyata selamet tuh.... Alhamdulillah...



Ini poto ayamnya yang udah dimutilasi oleh Yulia Maki... aku ambil potretnya dari FB...cantik yaa...

"Ini lho kue ulangtahunku, hahahahha... bengong2, dateng kurir nirwana, jantungan, lho mau ambil kue ya mas?? perasaan hari ini libur kue deh! "ngga bu, nganterin ini, dari bu shinta..."

thanks ya my dear friend, semoga dibalas olehNya dgn rejeki yg berlimpah...

papa, selamat ngiri yaaa :p


Iya nih gantian... waktu itu Yulia pesan Tumpeng Imut untuk aku antarkan ke sahabatnya di daerah Bangka Kemang... kali ini Yulia sendiri yang dapet kiriman masakan aku... he hee heee...


dan komentar Yulia lainnya :
Yulia RianiYulia Riani thanks yaaaah.... ayam kodok by bude lisa, itu udah aku tag di FB namanya Lisa Basuki, blognya http://alleykitchen.blogspot.com/, selamat ngiler, bude lisa jagoan banget masak memasaknya.... ayamnya uenaaaaak!
yang mau ayo ke depok, tinggal separo nih, hahahha.... 


Dan ini SMSnya :
"Bude, aduh supnya lezatos dehh!
Aku ngak tambahin air bude, ini udah pas dilidah, enaak.
Makasih ya kado ultahnya, smg rejeki selalu lancar ya bude"


Amiinnn....

2 comments:

  1. Ayam kodoknya harganya berapa bun? Boleh minta price list kue2, tumpeng and masakan2 lainnya ga, bunda? Thx

    Tara
    februari_yang_hilang@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  2. Baca ini jadi ngeces, bagi no telponnya dong, ingin pesan untuk mamahku yg tinggalnya di Cinere, boleh?
    Terima kasih. Sms ke no hpku ya : 0811892010.

    ReplyDelete