Cooking with Mind, Body, and Soul

Tulisan2 ku disini ngak cuma sekedar nemenin foto2 yang dipamerin...tapi juga curhatan gimana mood aku sewaktu masakan dan cake ini dalam proses pembuatan. Dan perasaan tentang hasil akhirnya, sampai komentar yang icip icipnya...

Jadi mahap kalo isinya kayak cerpen, bahkan cerbung.... atau novel yaaa.... ha haa haaa....

Monday, November 10, 2008

Kamis s/d Senin yang sibuk tanpa henti

Baru pulang nih... sampe Rusun buka kompi... Alhamdulillah sukses koneksinya....
Hmmmh hari yang cukup sibuk....
Setelah hari Minggu bikin Tumpeng dan Rabu lalu bikin BroKus... kayaknya mau leha2 dulu sambil beresin isi salon yang berantakan..., eh Kamis malah sibuk nyusunin menu buat teman2..., padahal mo bikin macam2 cake dari putih telur... jadi ketunda lagi deh...

Jumat, dah belanja macem2 tuk ngisi freezer Es mambo yang nyaris kosong... trus dateng Bang Jul tetanggaku di lt.5... yach... ketunda lagi deh bikin esnya.... karena aku langsung sibuk sampe tekebit kebit.... karena sesiang itu ( jam satu siang lebih.. ) dia pesan tumpeng dadakan untuk besok, Sabtu malam untuk acara 1 th meninggalnya Ibundanya sekalian peresmian rumah barunya ( tepatnya unit barunya... yang bagaikan apartement atau penthouse gitu deh...)_ yang sebenarnya dah selesai tahun lalu dan diupgrade lagi beberapa bulan lalu...
Sabtu sibuk.... ceritanya menyusul deh... karena tumpeng lagi... tumpeng lagi....

Minggu dah janji dengan Fiona mo ikutan HBHnya Cinere... wah mo bawa potluck apa yaaa... seharusnya kan dah aku buat Sabtu malam... tapi boro boro bikin potluck... resepsi perkawinan adik sahabatku di rusun sini aja ngak sempat..., bahkan ke acara pengajiannya Bang Jul di lantai 5 aja udah ngak ada tenaga tuk naik ketingkat puncak rusun sini... cape banget dari subuh ngubek dapur sendirian...sampe jam 7 malam... beres2 selesai jam 1/2 sepuluh malam....

Jadi Minggu pagi kepasar beli rujakan aja deh... mo bikin rujak serut tuk HBH sekalian sebagiannya tuk bikin Es Mambo Rujak favorite para tetangga....

Sampe Sky Bee Cinere udah siang... Benoit udah masuk oven... teman2 dan Pak Sahak lagi sibuk bikin Pottato Souffle...
Begitu sampe, minum Teh Hangat Rempah bawaan Fiona, trus karena sejak diperjalanan udah kelaperan, jadi langsung aja tanpa dipersilahkan... udah icip2 Misoa goreng yang yummy, dadar Gulung Bayam yang unik dan oke banget rasanya... dan banyak lagi potluck yang sedap2... mungkin nanti bisa liat di laporannya Fiona tentang jenis dan siapa aja yang bawa...




Foto-foto ini aku copy dari blognya Fiona, aku lupa bawa camera...

Pulangnya dijalan agak2 bingung... mo pulang kemana yaa... karena paginya sebelum berangkat ke Cinere..aku di telpon Ibu Dumais yang mengabarkan bahwa Organisasi Pengembangan Kepribadian mendapat undangan dari Mensos untuk hadir di Upacara Ziarah Nasional besok pagi... Nah.. para anggota diharapkan hadir sebelum jam 7 pagi dengan mengenakan seragam hitam.....

Yaaa gitu deh... yang namanya Pengembangan Kepribadian... harus tampil sempurna baik waredrobe maupun prilakunya....
Jadi harus pake blazer hitam dengan ROK PANJANG HITAM... huuu... cape deh... secara aku tuh sering keserimpet kalo pake rok panjang... nawar pake celana panjang ... tapi katanya kalo bisa diusahakan rok panjang.... hmmmh musti ngambil di Pulo Gebang tuh.... Roknya sih ada di lemari belakang... jadi bisa minta tolong Mas Teta ngambilin... tapi blazer hitam polos itu aku simpan dilemari mana yaa... udah deh daripada diambilin yang salah mending dari Cinere pulang langsung aja ke Pl Gebang...

Dari Blok-M naik Busway lancar banget dan nyaman... sampe Harmoni transit tuk nyambung yang ke Pulo Gadung... hmmm berdiri.... sampe Pasar Senen baru dapet duduk... Tiba di Pulo Gadung.. sebenernya agak serem juga di terminalnya... tapi sok sok an aja belagak rada preman gitu... pake mampir dulu dikios majalah beli Sedap.. dan minta harga pedagang... ( jaman dulu aku sering beli disana... tapi udah 5th lalu deh...) yang bandrol 25rb kan bisa jadi 22rb... he hee heee...
Tuh kan... preman situ jadi ngak ada yang berani negur dan nanya2... mo naik bis luar kota yang mana.... ha haa haa haaaa.... ( preman terminal selalu ngikutin kalo kita bawa tas besar.. disangkanya mo keluar kota dan mereka akan dorong2 kita untuk naik bis yang mereka caloin... ih seureum...)

Trus nyari2 Metromini jurusan Pulo Gebang diantara kepadatan aneka bis besar dan bis kecil, dan juga metromini yang berjubel dipintu keluar terminal..... setelah nyelip2 diantara celah bis yang pas pasan badan itu... ( dengan resiko cukup besar... seandainya salah satu bisnya bergerak... maka gepenglah kita.... hihihiiii...)...
Huuuhhh... lega juga akhirnya bisa duduk dalam metromini.... taaaaapiiiiii..... perjuangan belum selesai.... dilokasi dimana aku naik tadi... si metro ngak bergerak sampe 1/2 jam lebih... mana keringat udah ngucur diseluruh tubuh... belum lagi asap knalpot... dan kurang ajarnya lagi ada salah satu bis disebelah yang ngegas dan asap yang bagaikan semburan tinta cumi2 itu memenuhi seluruh metromini yang kami naiki... padahal banyak anak balita dan bayi yang duduk disitu.... duh... gimana sih DLLAJR yang lokasi KIR atau uji emisinya tepat disebelah Terminal Pulo Gadung ini... kok bis yang begitu teteup dapat izin sih.... pusying deh urusan KKN gini....

Akhirnya metro mulai bergerak... lebih 10 menit sampe Jl.Raya bekasi yang berjarak 25meter dari mulut terminal... rasanya udah mau turun aja deh... kapok juga pulang lewat Pulo Gadung... padahal biasanya aku lewat Jatinegara trus Klender... tapi kenapa kok siang itu aku kepincut Busway yang ke Pulo Gadung... jadi aja nasibku seperti ini....
Setelah 1 jam akhirnya sampe ke Pulo Gadung Trade Center... disana banyak orang menyebrang, jualan makanan... daaaannnn...... kendaraan umum yang ngetem..... eh udah gitu... lancar aja tuh jalanan......
Hai Pak Polisi dan Pak DLLAJR... kemana aja sih....
Dan para pejabat Tata Kota.... kenapa sih musti dikasih izin bikin Mall ditempat yang sejak aku punya rumah di Pulo Gebang 25 th lalu ini selalu macet.... Apa di Jakarta masih kurang Mall????
Kan dekat situ ada Kelapa Gading... area seribu mall... dan Cempaka Mas yang mallnya katanya terbesar di Indonesia atau mungkin juga di Asia....( cmiiw )...
Capek banget.... sampe Pulo Gebang udah azan Magrib... dah dapet setelan Blazer dan roknya, juga blousenya... buka inet.... trus ngantuk.... jadi nginep disitu aja deh....

Abis sholat subuh, mandi dan minta anter suami naik motor ke Pejompongan untuk bermake-up dulu dan ambil jilbab hitamnya... Sampe Rusun udah jam 6:30 ( hari Senin bok... muacet...)..
Nah dari Rusun kan harus udah pake rok panjang.... huuh... boncengnya harus miring deh... pegel... dan pake sepatu tertutup dengan hak 7cm... ( repot banget deh ikut aturan kepribadian.. sepatu resmi ngak boleh kurang dari 7 cm lho... untung masih punya sepatu 7 cm yang haknya lebar...), padahal kan lebih nyaman pake mokasin...ngak kebayang deh upacara panas2an pake sepatu hak 8-9 cm yang hak dan ujungnya lancip....

Dijalan udah jam 7:20... kebat kebit juga... secara para anggota ditunggu sebelum jam 7 di gerbang makan pahlawan.. karena kartu undangan dari Mensos didrop disana...
Masih untung naik motor yaa... coba kalo naik mobil .. kapan bisa sampenya....
Sampe daerah Pancoran banyak polisi dan kendaraan dinasnya yang diparkir sepanjang jalan sampe Kalibata... oohh... Presiden pasti belum sampe sana... trus ada mobil dengan plat 1-01.. pasti itu mobil pejabat tinggi... jadi lega deh... ternyata para pejabat juga baru aja berdatangan... jadi aku yang pejabat dengan kendaraan nomer M 070 R ( motor... ha haa haaa...) masih bisa masuk tempat upacara....

Trus dengan lagak PEDEnya... aku nyebrang jalan yang penuh aparat yang berjajar sampe di meja penerimaan tamu... ( masih pede..) aku bilang sama Kowal yang bertugas, kalo aku undangan dari Organisasi Pengembangan Kepribadian, dan undangan ada di Ibu Dumais... Para Kowal itu mengeluarkan setumpuk kartu undangan yang dititip disitu... ternyata namaku ngak ada.... tapi mereka dengan sopan dan baik hati langsung mempersilahkan aku langsung masuk aja.... weh... gimana kalo aku teroris yaa... cuma aja tasku harus masuk alat detektor seperti yang di bandara itu...

Dah ketemu teman2 di dekat tugu sana... nunggu datangnya RI-1 lumayan lama juga... karena upacara dimulai jam 8 tepat....
Eh ternyata pagi ini emang aku jadi pejabat deh.... didepanku adalah Mantan Mentri...apa yaa... pokoknya itu adalah Ibu Intan Suweno yang cantik dan ramah itu deh... ( aku baris ketiganya )..
Disebelah kiriku adalah para Menteri Negara.. ( eh mereka ngerumpinya sama juga deh kayak kita-kita...) ...

Upacara Ziarah Nasional dimulai dibawah matahari yang mulai terik... Bapak Presiden SBY, Wapres YK dan para istri jaraknya cuma 15 meter dari tempatku berdiri.... SBY terlihat capek dan letih... kasian yaa mikirin negara yang kayak begini....

Diacara nabur bunga SBY dan para pejabat dan teman2ku yang lain bergerak ke kanan area makam... maka aku dan Ibu Dumais memilih yang beda... kasian kan para pahlawan diarea kiri...
Satu kranjang bunga kami tabur sedikit sedikit tapi merata ke lebih dari 20 makam.... seperti biasanya kalau berziarah dan tabur bunga... aku mengambil bunga yang paling besar dan mekar untuk aku letakkan di masing2 topi baja...( seperti yang selalu aku lakukan untuk Bapak Mertua dan Kakek suamiku yang dimakamkan di Kalibata ini juga )... biar mereka senang kalo bunga cantik ada di topi bajanya.... begitu kan Bapak dan Ibu Pahlawan???..... sementara Ibu Dumais membacakan nama2 dan pangkat terakhir mereka....

Pulangnya sambil menunggu teman2 lain kami berdiri dipintu gerbang... dan sewaktu Presiden SBY menaiki mobilnya kok kami bisa liat beliau dari dekat lagi... cuma kurang dari 3 meter deh... dan kembali Bapak SBY tersenyum dan melambai kepada kami.... sayang sekali kamera ngak sempat dibawa karena terburu buru....

Pulangnya aku menemani Ibu Dumais langsung ke DikMenTi karena ada sosialisasi BAN ( Badan Akreditasi Nasional ) bagi para penyelenggara kursus... disana aku banyak ketemu teman2 yang lebih dari 3 tahun ngak ketemu, karena aku ngak aktif selama itu di organisasi kewanitaan dan pendidikan dibawah Dirjen PLS ( Pendidikan Luar Sekolah )... Ibu Dumais meminta aku untuk menjadi Sekretaris di Konsorsium dan kembali aktif menjadi Sekretaris di DPD DKI... sambil minta persetujuan ( rada maksa juga deh..) para anggota organisasi Pengembangan Kepribadian lainnya....
Sebenernya males juga sih... tapi rasanya buat aku pribadi lebih bermanfaat daripada aktif di PKK dan Posyandu yang banyak intrik2 hingga ide aku untuk mengembangkan RW Rusun sini jadi terkendala...
Di Organisasi aku lebih banyak dapat pelajaran dan dukungan dana dari pemerintah, dalam hal ini DikMenTi.... untuk memajukan pendidikan kemasyarakatan... ( terlalu idealis deh yaaa...)

Pulangnya sewaktu nunggu lift, seorang Bapak pejabat di DikMenTi itu menyapa aku dan bertanya apakah aku dari PAUD ( Pendidikan Anak Usia Dini ), sebuah kegiatan sosial sejenis preschool untuk anak kurang mampu yang dilakukan ditingkat RW…

Lho… kok Bapak itu tau yaa… itukan cita-cita aku 2 tahun lalu yang udah aku kemukakan kepada Ibu Walikota JakPus periode lalu… dan nasibnya masih terkatung-katung karena ngak kompaknya para Ibu PKK ( sebenarnya cuma antara aku dengan seorang ibu yang berbeda visi dan misinya )…

Kayaknya suatu hari aku harus ngobrol dengan Pak Azis itu deh.. tapi nunggu beliau pulang Haji... Bu Dumais juga ndorong aku... karena katanya Pak Azis itu punya perhatian terhadap aku... jadi dia tau obsesi aku... siapa tau bisa terwujud yaa...

Aku juga memang harus kembali kesana karena ada beberapa ijasah aku yang belum juga aku ambil, padahal udah 1-2 tahun lalu selesai...

Sebenarnya sih aku ngak peduli dengan ijasah apapun... secara buat aku yang penting adalah kompetensi.... tapi apa mau dikata... untuk dapat dana ngajar masyarakat aku harus punya lembaga kursus... lembaga itu bisa dikasih izin bila penyelenggaranya punya beberapa ijasah negara...

Lho... lagi-lagi peraturan yang tumpang tindih... katanya jaman sekarang yang penting uji kompetensi... tapi untuk dapat izin teteup aja harus pake ijasah.... weh... padahal banyak tuh pemilik setumpuk ijasah keterampilan tapi mereka tidak kompeten... tapi mereka bisa tuh jadi Sumber/pengajar... dan ngajarnya juga ecel ecel gitu deh.... Makanya tadi sosialisasi BAN/Badan Akreditasi Nasional itu dicecar pertanyaan menyudutkan dari orang2 yang kompeten tapi terkalahkan dengan orang2 yang ecel2 itu....

hmmmh... mo dikemanakan sih negara ini.... pantes SBY pusying.....

Eh... teman2 yang baca ini jangan ikutan pusing baca curhatanku ini yaaa.....

1 comment:

  1. Hwaaa... mbakyu cantiikk... kagum banget deh atas semuanya .. ibu yang ideal nih buat jadi panutan.. sdh ayu (salonan) & santun (jagoannya kepribadian), trus kompeten dalam hal masak memasak dan ngajar juga yah bu..? Sukses terus yah bu.. !! (Note: foto2 yg cinere lebih jelas nanti aku email deh yah..)

    ReplyDelete