Cooking with Mind, Body, and Soul

Tulisan2 ku disini ngak cuma sekedar nemenin foto2 yang dipamerin...tapi juga curhatan gimana mood aku sewaktu masakan dan cake ini dalam proses pembuatan. Dan perasaan tentang hasil akhirnya, sampai komentar yang icip icipnya...

Jadi mahap kalo isinya kayak cerpen, bahkan cerbung.... atau novel yaaa.... ha haa haaa....

Friday, May 14, 2010

Fondant Cake - Ariel The Little Mermaid



Ini tahun ke-3 Mas Denny pesan BDCK untuk keponakannya Dea yang kini berumur 6th di tanggal 20 Maret lalu ( duuuhhh lama banget ya laporannya...).
Mungkin penonton masih ingat BDCK pertamaku " Bona Gajah Kecil Berbelalai Panjang " yang garnishnya dari semprotan butter cream?? Nah itu untuk Dea ketika berumur 4th.

Sedangkan tahun lalu Dea memilih berbentuk Buaya dan Kuda Nil yang aku carving dalam 2 dimensi, dan tetap disemprot BC.
Sayangnya potretnya lenyap bersama dengan hard disk yang dibawa kabur teknisi komputer tahun lalu...




Kali ini Dea yang menyukai aneka binatang itu berpesan kepada pamannya " Bah..(panggilan sayang Dea untuk Mas Denny..) bilang ke Ibu Lisa, Dea mau kue ulang tahunnya yang :
1. bentuknya putri duyung, warnanya pink ...
2. berdiri, jangan tidur seperti yang dulu...
3. ada ikannya....
4. ada lautnya....
5. dan ada I Lop Yu nya...

Mas Denny bingung dengan permintaan Dea itu, tapi aku dengan tenang bilang ke Mas Denny... "oke Mas..aku buatkan..., kali ini pake fondant yaa...ngak pake butter cream seperti tahun2 lalu..."
Nah kesempatan bermain fondant dengan gratiiissss....

Dan enaknya dengan Mas Denny ini.... sebelum aku bilang kalo cake fondant harganya beda dengan yang pake butter cream, eh tau2 dia udah kasih uang yang lebih banyak 50% dari harga2 BDCK yang selama ini sering dia pesan....
Nah ini baru namanya tetangga yang oke.... selalu pesan cake dengan harga yang dia tentukan sendiri ( selalu diatas harga rata2...), dan membebaskan aku untuk berkreasi....
Seeep...seeeeeppp....seeeeeppppp.....




Lalu aku terjemahkan, kalau base cakenya berbentuk hati ( yang Dea bilang I Lop Yu itu )
Putri Duyungnya, aku googling Little Mermaid atau Princess Ariel..(ternyata itu ya judulnya...maklum anakku cowok semua dan udah lama sekali masa kecilnya...)

Ikannya... ya itu.. teman2nya princess Ariel... namanya siapa aja yaa... lupa aku.. Aku ambil 2 aja yang terlihat paling dominan..
Lautnya aku buat gradasi biru untuk menggambarkan laut dalam dan laut dangkalnya...
Semuanya aku buat dalam 3 dimensi ( kecuali air lautnya yaa...)

Princess Arielnya semula aku mo buat full figurine fondant... tapi karena ini project fondant pertama dan waktunya sedikit, juga diseling project tumpeng yang jarang sepinya...
Maka aku berdayakan aja boneka Barby yang udah lama tersimpan dengan manisnya... dan yang ini kebetulan wajahnya mirip-mirip dikit dengan Ariel...

Pakaian Princess Ariel yang hijau itu disulap menjadi Pink ( jambon ) seperti warna kesukaan Dea yang tomboy, tapi teteup ada ciri keperempuanannya... dengan kombinasi jambon keunguan untuk penutup dada dan pinggangnya..
Rambut Ariel yang seharusnya merah maroon itu jadi coklat agak maroon dibagian depan dan ungu dibagian belakangnya... ( emang udah dari sananya sih... maklum boneka reject..yang aku beli dengan harga murmer dipasar bawah...)




Ariel dan Ikan yang menjadi teman2nya itu aku buat beberapa hari sebelumnya di Pulo Gebang supaya keringnya mantap...
Sebenarnya "pakaian" Ariel ini aku buat yang kedua kalinya... yang pertama retak2 karena kurang tebal dan juga belum dicampur CMC, dan menurut Mas Teta ( si Sulung ), sisiknya terbalik arahnya...

Ya sud.. akhirnya bongkar dan pasang lagi dengan warna yang lebih meriah... dan arah sisik ikannya dibalik.....
Nah lhooo... bukannya yang ini malah yang terbalik.... ya udah deh... drpd ngulang lagi... anggap aja memang si Ariel ini memang punya sisik terbalik, makanya dia bisa berubah menjadi manusia.... ( ngarang aja...)



Base cake dan finishing touch nya aku buat di Rusun, sampai tengah malam, karena besok paginya harus siapkan tumpeng, kue tampah, dan wedang jahe untuk peresmian rumah renovasinya Dr.Ruth di Kelapa Gading...

Jadi paginya Mas Denny mengambil BDCK ini untuk disimpan dirumahnya dulu ( disebrang unitku ) sebelum Dea pulang sekolah...
Karena sibuk, ya aku iyakan aja... tapi dengan pesan " simpan diruang sejuk ya Mas... khawatir lumer fondantnya..." Mas Denny bilang " Oke aku kipas anginin aja deh yaa... ngak punya AC tuh..." ya sud...

Aku belum sempat motret... karena aku pikir, paling juga nanti di rumah Dea aja yang tepat dibawah unitku di Rusun ini...
Sempatnya baru menjelang magrib... makanya kurang cahaya, juga karena didalam rumah yang penerangannya juga kurang memadai...
Jadi maklum yaa penonton.. kalau penampakannya kurang asyikk...
(sebagian pepohonannya udah sumpung2 dimakanin Dea... he hee heee...)

Pas lihat potretnya.... alamaaaakkkk.... property untuk pasir ( kacang tanah cacah ) yang susah2 aku beli di Kelapa Gading itu kok ya lupa ditabur... baru yang percobaan itu, se uprit diujung cakenya...

Tapi menurutku lumayan deh hasilnya... yang penting ngak melorot...
Dan menurut laporan Mas Denny, ber-hari2 kemudian bentuknya masih teteup tuh... walau cuma dikipas anginin aja... ( cakenya cuma dipotong sedikit demi sedikit oleh Bapaknya Dea.. he hee heee...)

Jadiiiiii......... siapa takut dengan fondant!!!!

No comments:

Post a Comment