Cooking with Mind, Body, and Soul

Tulisan2 ku disini ngak cuma sekedar nemenin foto2 yang dipamerin...tapi juga curhatan gimana mood aku sewaktu masakan dan cake ini dalam proses pembuatan. Dan perasaan tentang hasil akhirnya, sampai komentar yang icip icipnya...

Jadi mahap kalo isinya kayak cerpen, bahkan cerbung.... atau novel yaaa.... ha haa haaa....

Friday, May 14, 2010

Drum Cake - Demas Narawangsa



Ini Cake model Music Drum pesanan Mbak Puri Christanty untuk ultah putra tercintanya, drummer cilik, yang kini telah berusia 17th, Demas Narawangsa. Bersamaan dengan itu, diluncurkan pula album group band Kulkul di Cilandak Square ( Citos ) Jakarta Selatan, pada hari Rabu, 9 April 2010, kemarin. ( tulisan ini sebenarnya aku awali pada tgl 10 April... tapi baru diselesaikan hari ini, 14 Mei... he hee heee... mahap ya Mbak Puri...)



Mbak Puri minta base cakenya terdiri dari 6 warna ( seperti pelangi yaaa... ).
Supaya kokoh, aku buat dari Brownies Kukusnya Koko Hidayat, berlapis Butter Cream putih...
Karena biasanya aku buatnya sponge cake coklat dengan campuran coklat bubuk dan DCC, maka aku merasa kurang sreg dengan base cake yang dikukus ini, juga creamnya yang terbuat dari butter cream.... aku kok lebih merasa mantab dengan ganache...

Oleh karenanya aku ulang lagi dengan membuatnya dengan resep sponge cake putihnya Pak Sahak, dan creamnya aku adaptasi dari Black Forest Cheesenya Pak Sahak juga... rasanya benar2 mantaaaabbb....

Ini cake yang dipanggang... kurang asyik ya warnanya...
walau rasa cake dan cream kejunya muantab banget..


Tapi creamnya kok agak encer yaa setelah aku tambahkan gelatine... maklum aku dapatnya gelatine bubuk, gelatine lembarannya lupa aku bawa dari rusun, jadinya campuran airnya ngasal aja... rupanya kebanyakan kali yaa... aku pikir kalo dipanaskan dengan microwave jadinya kental dan mengeras seperti bubuk agar2 swalow gitu..... ternyata salah tuh...
Akhirnya teteup pake yang dikukus semula, selain lebih kokoh, juga warnanya lebih gonjreng...




Akhirnya jadilah drum yang dibuat dari fondant berhias edible untuk motif kotak2 ( khas drum miliknya Demas ). Berhias sepasang Stick merah dengan tanda tangan Demas dipangkalnya ( tapi warna merah fondantnya ngak dapet yang pas dengan merah ediblenya..).
Kartu ucapan diganti dengan selembar partiture ( bener ngak ya nulisnya ) dari edible image pilihan lagu Ina Larizz ( yang dipotret ini belum dilepas lapisan plastiknya ).

Sayang sekali karena siang itu cuaca sangat panas dan ngak bisa dikerjain dalam kamarku yang ber AC, maka pinggiran drumnya ngak bisa aku buat dengan fondant, karena lengket pas aku pulung2...
Juga ternyata kemudian, faktor U aku yang sudah didera Pre Manopouse Syndrome berupa Hot Flash itu, membuat telapak tanganku menjadi basah ketika Hot Flash itu datang....
Jadi aku ganti aja dengan aluminum foil.. tapi kok lha bagian bawahnya juga diganti aluminum foil juga yaa... padahal kan bisa tuh pake fondant...

Tapi Mbak Puri bilang kuenya enak dan semua yang hadir takjub melihat potongan kuenya yang berwarna-warni.... Alhamdulillah....





Ini link untuk acaranya :

http://jazzuality.com/jazz-event-report/kulkuls-debut-album-launching-welcome-to-bali-the-report/

Tapi untuk yang ngak bisa buka, aku copy kan ya potret2nya... ( permisi ya Mbak Puri...)












No comments:

Post a Comment