Cooking with Mind, Body, and Soul

Tulisan2 ku disini ngak cuma sekedar nemenin foto2 yang dipamerin...tapi juga curhatan gimana mood aku sewaktu masakan dan cake ini dalam proses pembuatan. Dan perasaan tentang hasil akhirnya, sampai komentar yang icip icipnya...

Jadi mahap kalo isinya kayak cerpen, bahkan cerbung.... atau novel yaaa.... ha haa haaa....

Wednesday, October 14, 2009

Nasi Liwet - Paket Imut - Ultah Riza




Iseng... jadi pengen bikin Nasi Liwet yang dah lama cuma diangan-angan aja....
Kebetulan hari itu UlTahnya adikku Riza...
Tahun ini kembali aku salah lagi akan tanggal lahirnya, padahal beberapa tahun ini aku udah bener tuh ngucapin pas diharinya....
Gara2nya HP ku dicuri orang dan semua data jadi hilang.... makanya kembali aku salah...

Riza Ultahnya sama dengan Mantan Presiden Suharto tanggal 6 Juni, sedangkan Rendy, adiknya sama dengan Mantan Presiden Sukarno tgl 3 Juni..

Jadi setiap kali aku ucapkan selamat pada tgl 3 Juni, di hafal deh... dan bilang " beluuuummmmm.... masih 3 hari lagiiii..." he hee heee....




Nasi Liwetnya aku masak diatas kompor dulu... setelah cukup mateng, pancinya aku kukus lagi supaya benar2 tanak.. maklum pake bowlnya rice cooker berbahan ngak tebal seperti layaknya katrol orang sunda itu...

Setelah mateng di akeul ( bahasa Sunda untuk nasi yang diaduk2 sambil dikipasi ) untuk mendinginkan dan membuat nasinya menjadi kekeul atau pulen.... mungkin diakeul tuh bahasa Jawanya diuleni kali yaa... karena walaupun berdarah Jawa 75% tapi aku lebih banyak tinggal di seputaran daerah Pasundan sebagaimana asal darahku yang 25%nya... ha haa haaa....

Setelah menjadi hangat, nasinya dibungkus daun pisang... hanya saja karena bagian atasnya agak terbuka, maka aku lapisi dengan lembaran plastik supaya nasinya ngak jadi kering diatasnya....

Lauknya sih ngak menurut pakem, tapi seadanya stok di kulkas aja, yaitu : Ayam Goreng Kremes, Bandeng Presto Goreng, Udang Kecil Goreng Tepung ( biasanya aku cuma stok udang yang agak besar aja yg AK-60 ), Urap Sayuran, dan Kering Tempe Teri Kacang.... Lalap Segarnya seperti biasa aku jadikan garnis atau hiasannya...




Tau ngak temans... Riza itu ngak ada di Jakarta sini... dia udah beberapa tahun ini bertugas di Aceh...
Jadi waktu aku mo ucapkan selamat, gak nyambung tuh telponnnya, jadi aku titipkan aja ke Rini, istrinya... tapi Rini bilang Riza lagi di pesawat otw ke Jakarta, mo jenguk anak sulungnya yang baru dirawat di RS karena Typus...

Wah kebetulan... kalo gitu dari airport langsung ke Pejompongan aja deh ambil paket ini.... Karena paket ini maksudnya juga supaya dimakan oleh Rini dan kedua anaknya aja...

Ternyata sodara2... paketnya baru diambil jam 11 malam... padahal itu sudah siap sejak jam 1 siang lho...
Tapi aku periksa nasinya masih bagus lho... malahan mereka sekeluarga baru menikmatinya diwaktu sarapan pagi besoknya... katanya masih bagus semuanya, ngak ada yang berubah rasa.... Alhamdulillah....

" Met UlTah ya adikku"

No comments:

Post a Comment