Cooking with Mind, Body, and Soul

Tulisan2 ku disini ngak cuma sekedar nemenin foto2 yang dipamerin...tapi juga curhatan gimana mood aku sewaktu masakan dan cake ini dalam proses pembuatan. Dan perasaan tentang hasil akhirnya, sampai komentar yang icip icipnya...

Jadi mahap kalo isinya kayak cerpen, bahkan cerbung.... atau novel yaaa.... ha haa haaa....

Saturday, April 11, 2009

Aneka Bubur 1 - Sarapan PT Telkom




Sebenarnya Jumat minggu lalu, 3 April 2009, aku masak 4 macam bubur untuk sarapannya PT Telkom.
Ini adalah pesanan Ibu Tio untuk sarapan rekan-rekannya yang ke-3 kalinya setelah 2 kali aku mengirimkan masing-masing 2 tampah Tumpeng Jajan Pasar Cenil kekantornya... ( Kalo ngak salah Paki, suaminya Yulia Maki kerjanya disitu juga yaaa... ).
Buburnya terdiri dari : Bubur Kacang Hijau, Bubur Ketan Hitam, Bubur Sumsum, dan Bubur Grendul Hijau Putih.

Grendulnya seharusnya hijau semua... tapi berhubung ternyata hasil jadinya cuma sedikit, maka aku buat satu batch lagi, tapi males untuk numbuk dedaunannya lagi.. ( aku paling males deh kalo harus ngulek/numbuk secara manual gitu, apalagi ini cuma pake pengulekan dan cobek kecil... he hee heee... ). Jadi aja yang terakhir aku bikin putih polos aja... Kan biar ada variasi warna.... ( ngeles.com ).

Ternyata semua buburnya cuma jadi 1/2 banyaknya dari target... jadi aja beli lagi ke Alfamart depan kompleks yang buka 24 jam... yang ada cuma kacang hijau, ketan itemnya habis.... Kalo Tepung beras untuk bubur sumsumnya sih aku belinya memang beberapa bungkus, jadi cukuplah... 
Nah persoalan ada pada Bubur Ketan Hitam.... Gimana yaaa.... tambahin pake ketan putih aja deh yang memang aku punya.... tapi warnanya jadi pucat dong.... akhirnya disiasati pake campuran beras merah organic yang aku beli di Gasol itu....
Lumayan ngak pucat2 amat.... tapi karena beras organic itu tidak disosok, maka dilidah rasanya seperti masih terasa bulat, seperti masih mentah... padahal kalu dikunyah sih matengnya sama dengan kedua beras ketannya... malah jadi punya sensasi yang beda ketika mengunyahnya.... doooh.. ngeles lagee...

Ketika aku komunikasikan ke Ibu Tio... ( setelah seminggu kemudian... he heee hee... maklum sibuk terus... ), beliau ngak merasa aneh tuh... malah katanya semua bubur ludes dalam sekejap dan minta dikirimkan menu lain yang berbeda jenisnya he hee heee....

Bubur-bubur tersebut ngak sempat jadi artis, karena pagi2 ngak sempat mendisplay apalagi motret2nya...
Jadi bubur kembar-4 itu, yang aku buat di Pulo Gebang, harus diberangkatkan pagi2 bersama dengan kokinya ke PT Telkom di Gatot Subroto, dan langsung berlanjut ke Rusun untuk segera mempersiapkan Tumpeng Imut pesanan Riana - Jerman untuk ultah Ibunya di Jakarta sini...
Rencananya bubur2 itu akan aku potret siangnya di Rusun setelah mengirimkan Tumpeng Imutnya, tapi udah keburu teler... Malemnya dengan mata berat aku teringat akan aneka bubur yang tadinya mau aku kirimkan juga untuk Ibunya Riana.... apadaya mata udah ngak bisa diajak kompromi... aku merasa kalau mau mengambil bungkusan aneka bubur tersebut dan menyimpannya di kulkas... ternyata cuma dalam mimpi aja.... sampe keesokan paginya bungkusan itu tetap ada dimeja salon... hiks hiks hiks...

Jadi potret yang dipejeng diatas itu cuma awal kejadiannya aja....
Itu adalah proses menumbuk daun pandan + daun suji untuk diambil aroma dan warnanya dalam pembuatan Bubur Grendul Hijau.. Wah kayaknya kalo udah terjun kemakanan model gini terpaksa harus beli lumpang deh... itu lho batu bolong dengan alu panjang dari kayu, seperti yang untuk menumbuk padi secara tradisional... beberapa waktu lalu udah nanya2 sih di Pasar Senen... tapi lumayan berat juga sih barangnya... jadi harus khusus belanjanya deh...

Daun pandan sih kayaknya selalu ada dipasar manapun... tapi daun suji itu udah langka... di Rusun aku harus minta ke teman yang di RW-05, sementara aku tinggalnya di RW-011... lumayan jauh yaa...
Tapi di Pulo Gebang banyak tuh yang punya pohonnya ditaman luar pagar rumah...
Dari tetangga 2 rumah didekatku aku minta pohon pandannya sekalian untuk ditanam... Sedangkan pohon suji, pemiliknya ngak ada, karena didepan pintu rumahnya ditempel tulisan DIJUAL.... Bukan Pohonnya sih yang dijual... tapi rumahnya itu... jadi aku potong aja dengan gunting yang udah siap dibawa dari rumah, sambil bilang kalau aku minta pohonnya kepada angin lalu dan rumput yang bergoyang....

No comments:

Post a Comment