Cooking with Mind, Body, and Soul

Tulisan2 ku disini ngak cuma sekedar nemenin foto2 yang dipamerin...tapi juga curhatan gimana mood aku sewaktu masakan dan cake ini dalam proses pembuatan. Dan perasaan tentang hasil akhirnya, sampai komentar yang icip icipnya...

Jadi mahap kalo isinya kayak cerpen, bahkan cerbung.... atau novel yaaa.... ha haa haaa....

Tuesday, January 20, 2009

FOTO TUMPENG SUNAN KU DIBAJAK






Pagi ini sewaktu mencari inspirasi untuk tumpeng jajan pasar, aku kaget banget karena foto tumpeng Sunanku ada di salah satu iklannya 88DB.

untuk masuk kesana bisa buka

http://id.88db.com/id/Services/Post_Detail.page/Food_Beverage/Catering/?PostID=202278&lang=en-us

Padahal ini kan hasil karya pertama komersilku yang garnishnya jauh banget dari indah dan sempurna....
Kalo gitu aku harus belajar watermark dulu ... untung karya mutahirku yang untuk portfolio belum aku post.... alhamdulillah masih bisa selamet...
Jadi sabar yaa tunggu hasil karya terakhirku...


ini foto aslinya



Silahkan bandingkan dengan hasil karya seni tumpengku di tag TUMPENG KUNING sisi kiri blog ini
Cerita lengkapnya tunggu aku pulang dari Mayestik yaa... mo belanja packaging dulu.... CU

Holla... aku udah pulang....

Terimakasih atas support dan empaty dari sahabat2 dan blogwalker yang setia...

Ceritanya gini :

Begitu liat web itu langsung aja aku gemes...tapi berusaha untuk sabar... Jadi aku telpon si Ibu untuk menanyakan tumpeng yang ada 2 kelapa isi sambal itu untuk acara apa, isinya apa aja, dan motretnya dimana, kenapa background fotonya tembok batako putih biru....
Tentang isi si Ibu menjawab dengan yang standard, bukan isi sebenarnya tumpeng itu... mengenai foto dia kebingungan karena katanya ngak pernah lampirkan foto dan juga beliau ngak tau apa itu 88DB. lalu beliau menyerahkan ke adiknya untuk menjawab... beberapa lama kemudian anaknya menelpon aku.... kedengarannya sih mereka curiga kalo aku cuma gertak sambal aja ato mo nipu gitu... karena aku ngak mau ngasih no GSM ku yang pribadi itu...
Dan katanya dia cuma ngirim woro2 di organisasi alumni sebuah SMA di Jakarta... tapi entah bagaimana ngak ada yang tau kok bisa masuk ke 88DB dan ada copy paste foto tumpengku...

Setelah connect by email gak nyambung, aku minta mereka liat blog aku dimana aku posting cerita dan potret layar monitor yang berisi iklan itu, barulah mereka percaya kalau aku benar dan nyata...
Kemudian aku terima fowarder email yang dia kirim ke organisasi tersebut yang teksnya sama dengan yang dipampang di 88DB. Aku jawab dan minta dia untuk mengklarifikasi kenapa bisa ada di 88DB.

Setelah mereka baca blog aku, langsung foto yang berisi nama dan alamat catering tersebut aku delete, walaupun sebenarnya pada waktu posting juga udah mau aku delete ( rasanya ngak tega dan ngak etis...), tapi aku mau supaya pihak si Ibu melihat kalau aku tuh benar, bukannya meng-ada2...
Jadi untuk beberapa ratus blogwalker yang udah ngeliat nama dan alamat tersebut mohon dilupakan saja yaaa... karena mereka juga beritikad baik kok...

Nah barusan begitu aku buka email, ada klarifikasi dari 88DB ke email anaknya Ibu tersebut yang menyatakan kalau iklan tersebut sudah dihapus dari Web nya ( udah aku cek kebenarannya )... dan akan mengklarifikasikannya juga ke Alley Kitchen.. Tapi sampai detik ini aku belum terima....

Jadi sepertinya yang copy paste adalah pihak 88DB ( secara watermark 88DB ada disana ).



Tadi pagi juga aku udah nulis di Forum 88DB begini :

Hai Moderator dan semua anggota...

Pagi ini saya menemukan iklan catering Ibu ....yang salah satu foto tumpengnya adalah hasil karya saya. Tumpeng itu adalah Tumpeng Komersil saya yang pertama yang sebenarnya garnishnya masih jauh dari sempurna. Foto itu ada di blog saya http://alleykitchen.blogspot.com/2008/08/tumpeng-sunan/html

Walaupun begitu tidaklah selayaknya orang lain mengcopy paste dan mencantumkan atau mengakui sebagai hasil karyanya yang dijadikan contoh dalam iklan yang dipasang di Web ini.

Saya tidak tahu siapa sebenarnya yang memasangnya karena ada watermark 88DB.Com dibawahnya. Dan siapapun yang mempergunakan hasil karya orang lain adalah telah melanggar UU Hak Cipta dan dapat dituntut secara hukum.

Kasihan sekali bangsa Indonesia, kalau sebagian rakyatnya begitu pandainya menyalahgunakan milik dan karya orang lain....

Saya menunggu klarifikasinya segera....

Salam,

Lisa Basuki


3 comments:

  1. yang sabar ya, mbak...memang di dunia maya gini agak susah nyuruh orang untuk tunduk pada kode etik. mudah mudahan nggak kejadian lagi. jangan kuatir mbak, orang sabar disayang Tuhan, dan semoga makin banyak rejekinya.
    Hanna-NCCer.

    ReplyDelete
  2. Mbak Lisa, aku turut berduka cita. udah ngambil foto orang buat jualan pulak. enggak modal banget sih... *geregetan*

    ReplyDelete
  3. mba Lisa,.. aku gemes banget deh baca dan dengernya, sabar ya mba, rejeki gak ketuker khan..?? mo jualan kok gak modal bgt!, ini sih pencurian yah.. maling atau perampokan ??? aku doakan order ba tambah buanyaaakkk.. sabar ya mba..

    ReplyDelete